Bersiap-siap! 3 Event Nasional Ini Bakal Bawa Jutaan Orang ke Solo - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Bersiap-siap! 3 Event Nasional Ini Bakal Bawa Jutaan Orang ke Solo – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Proyek pembangunan Masjid Agung Sheikh Zayed, Gilingan, Banjarsari, Solo, Rabu (6/8/2022), terlihat dari atap gedung Kampus Unisri Solo. (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Jutaan orang diperkirakan akan turun di kota Solo pada November 2022 dengan tiga acara nasional terkait dengan agama. Salah satu acaranya adalah rangkaian peresmian miniatur Masjid Agung Sheikh Zayed.

Selain itu, Muktamar Muhammadiyah ke-48 dan Pekan Olahraga dan Seni bagi Pesantren Nasional (Pospenas) digelar pada November 2022. “November ini ada peresmian [Sheikh Zayed]Muktamar Muhammadiyah dan Pospenas untuk seluruh pondok pesantren se-Indonesia,” kata Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka kepada wartawan, Jumat (12/8/2022).

Promosi Rekomendasi merek jeans pria & wanita terbaik, murah banget!

Hari itu, Gibran menerima kunjungan Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama, M. Adib, di Balai Kota Solo. Selain itu, Gibran mengatakan ada rangkaian peresmian Masjid Syekh Zayed pada 14-17 November dengan rangkaian acara keagamaan di Solo.

Gibran mengatakan, calon pemimpin Uni Emirat Arab (UEA) pada KTT G20 di Indonesia akan datang ke Solo untuk meresmikan miniatur Masjid Sheikh Zayed bersama Presiden Jokowi.

Sementara itu, Adib mengatakan rangkaian acara peresmian masjid, yaitu Festival Masjid Nasional dan kick-off program, untuk memperkuat peran masjid dalam fasilitasi keagamaan. Kegiatan tersebut bersifat nasional terkait penguatan masjid. Acara di Solo ini baru pertama kali di Indonesia.

Baca Juga: Jutaan Orang Bakal Hadiri Muktamar Muhammadiyah di Solo, PDM Siapkan

pengaturan keragaman

“Kita sekarang menghadapi tantangan dalam kehidupan beragama yang semakin kompleks. Ambil contoh, kecenderungan sikap intoleran terhadap keragaman. Lalu ada ekstremisme. Sikap keagamaan yang bertentangan dengan prinsip-prinsip nasional. Itu tantangan, salah satunya harus diperkuat dengan penguatan moderasi beragama,” jelasnya.

Moderasi beragama bukanlah agama yang moderat, melainkan sikap beragama. Perspektif agama yang moderat agar agama tidak menjadi ekstrem.

“Bila ekstrim, justru bertentangan dengan substansi ajaran agama itu sendiri. Fenomena ini perlu diwaspadai bersama, terutama dengan peran masjid,” jelasnya.

Baca Juga: Kemegahan Kubah Maroko Masjid Sheikh Zayed di Gilingan Solo, Kapan?

Acara lainnya, Muktamar Muhammadiyah ke-28, dijadwalkan berlangsung pada 18-20 November 2022 di Edutorium UMS, Solo. Diputuskan bahwa acara ini akan menyertakan pemandu sorak, sehingga jutaan orang akan berduyun-duyun ke Solo dan sekitarnya selama acara.

Pospenas IX di Solo dijadwalkan berlangsung mulai 1-5 November 2022. Acara ini juga mempertemukan peserta dari berbagai daerah di tanah air.

Source: www.solopos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button