Pada 2024, Sandiaga menargetkan menciptakan 4,4 juta lapangan kerja di industri kreatif - WisataHits
Jawa Tengah

Pada 2024, Sandiaga menargetkan menciptakan 4,4 juta lapangan kerja di industri kreatif

TEMPO.CO, jakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan pihaknya menargetkan 4,4 juta lapangan pekerjaan dari perusahaan ekonomi kreatif (Ekraf) pada 2024.

“Tahun ini kita ciptakan 1,1 juta lapangan kerja baru dan pada 2024 4,4 juta lapangan kerja,” kata Sandiaga Uno, Rabu, 3 Agustus 2022 di Banda Aceh.

Sandi mengatakan pelaku industri kreatif perlu mengedepankan inovasi, kustomisasi, dan kolaborasi untuk menciptakan lapangan kerja. Apalagi yang diunggulkan seperti produk artisanal, kuliner dan kuliner Mode.

Maka itu juga harus membentuk pemasaran digital sebagai terobosan baru agar penjualan produk dapat meningkat kembali.

Sandi mengatakan, saat ini semua bahan makanan pokok di Indonesia sedang naik, sehingga semua sektor harus bersatu, dan industri kreatif akan menjadi mesin pemulihan ekonomi.

“Kami ingin produk UMKM masuk dalam ekonomi digital dan saya yakin itu akan menciptakan 4,4 juta lapangan kerja pada 2024,” ujarnya.

Sandi mengatakan beberapa persoalan dengan pelaku industri kreatif, seperti perizinan dan dukungan infrastruktur, akan terus dilonggarkan sehingga lebih mudah dikomersialisasikan.

Kemudian untuk pemasaran bisa melalui gerakan kebanggaan nasional dari Indonesia dengan memasukkannya ke dalam platform Perdagangan elektronik. Ini juga akan memfasilitasi pelatihan dan bantuan lainnya.

“Hal ini diperlukan bagi UMKM untuk masuk ke ekosistem ekonomi digital dan menjual produknya secara nasional. Untuk penyerapan tenaga kerja, para pelaku industri kreatif berada di garda terdepan,” ujarnya.

Sandi menambahkan, untuk sukses, pelaku industri kreatif perlu bekerja dengan empat prinsip, yakni kerja keras, kerja cerdas dengan kompetensi teknologi, dan digitalisasi.

Selanjutnya harus kerja tuntas, pantang menyerah dan pantang menyerah, kerja sampai selesai dan terakhir harus kerja ikhlas,” kata Sandiaga.

Baca: Sandiaga Minta Penyedia Paket Maskapai Gelar Promo Hari Kemerdekaan

Source: bisnis.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button