Obyek wisata hutan kertas di tempat wisata karawang dibawah pohon yang asri - WisataHits
Jawa Barat

Obyek wisata hutan kertas di tempat wisata karawang dibawah pohon yang asri

Objek wisata Hutan Kertas di Karawang bukanlah hutan yang dipenuhi kertas. Sebaliknya, itu terdiri dari pohon-pohon yang membentuk hutan. Hasil hutan berupa kayu kemudian diubah menjadi kertas. pt. Pindo Deli adalah perusahaan yang menanam dan mengelola pohon di hutan kertas ini.

Penanaman pohon di kawasan ini awalnya bertujuan untuk menambah pasokan bahan baku kertas dari daerah lain yang terkadang kurang. Pohon piala atau disebut juga kayu putih direncanakan. Tanaman ini tumbuh di Indonesia dan Australia dan berguna untuk diubah menjadi pulp untuk pembuatan kertas.

Berbagai jenis pohon di hutan kertas telah ditanam sejak tahun 2004, namun telah dibuka di kawasan wisata sejak tahun 2017. Keindahan kawasan hutan terbukti mampu menarik banyak orang untuk mengunjungi hutan buatan ini.

Sekilas tentang Awal Mula Objek Wisata Hutan Kertas Karawang

Pada tahun 2017, sekelompok anak muda berinisiatif mengubah kawasan tersebut menjadi resor wisata. Tangan kreatifnya berhasil “menyulap” hutan kayu putih menjadi tempat yang lebih indah, tertata, bersih dan bagus untuk foto Instagram.

Hutan kertas tidak sebagus atau seindah sekarang dan masih banyak rumput liar. Pertama itu adalah tempat perkemahan dan tempat pertemuan. Kemudian kami melihat potensi pohon yang terawat dan menarik dan menjadikan tempat ini sebagai objek wisata.

Warga sekitar secara bertahap membangun fasilitas tersebut, dimulai dengan pembangunan beberapa spot selfie dengan memasang hammock, lampion dan tulisan-tulisan menarik, serta payung warna-warni. Selain itu, tersedia juga kafe untuk bersantai dengan harga yang terjangkau.

Manajemen juga menyediakan panggung terbuka dengan bangku kayu yang juga membutuhkan sistem audio. Wisata Hutan Kerta Karawang sangat terbuka bagi siapa saja yang ingin menghabiskan liburan atau acara di tempat ini.

Atraksi Hutan Kertas

Wisatawan disuguhi udara segar dan pepohonan hijau rindang yang menyejukkan mata. Tempat ini biasanya dikunjungi oleh anak muda bersama teman, pacar dan keluarga di akhir pekan.

Area hutan kertas yang tenang sangat cocok untuk berkumpul dan bersantai. Wisatawan juga bisa bersepeda dan menikmati kelezatan kuliner yang dijual di sekitar Hutan Kertas Karawang.

Destinasi wisata hutan di Karawang ini buka hingga larut malam. Jadi kamu tidak perlu khawatir jika kamu pulang terlambat. Suasana di malam hari yang sangat tenang dan banyak lampu membuat suasana menjadi begitu asri.

Wisatawan juga dapat mengambil foto dengan latar belakang lampu. Ada banyak spot foto yang sangat instagramable. Tempat di hutan kertas ini juga sering digunakan untuk berfoto sebelum pernikahan.

Paper Forest terus berkembang dan menghasilkan 6 anak perusahaan

Meski hanya dalam kurun waktu dua tahun, “Hutan Kertas” telah melahirkan 6 anak usaha lagi. Perusahaan-perusahaan ini termasuk pabrik kertas sepeda motor, pabrik kertas kafe, pekerja kayu, penyelenggara pernikahan, dan pabrik kertas sepatu. Semuanya dikelola oleh penduduk setempat yang masih muda.

Pengelola lahan yang kini bernama Hutan Kertas itu meminta izin kepada PT Pindo Deli selaku pemilik untuk menjadikannya sebagai tempat wisata alam. Rupanya, perusahaan menyambut. Namun, dengan syarat itu Anda harus berhati-hati dan jangan sampai rusak.

Tiket wisata hutan kertas di Karawang

Tiket masuk Karawang Paper Forest Tour adalah Rp 10.000 sudah termasuk parkir. Harga spesial Rp 150.000 akan diberikan bagi yang ingin melakukan sesi foto prewedding.

Sejak Lebaran 2019, setiap pengunjung akan dikenakan tiket Rp 10.000 dan Rp 15.000 setiap akhir pekan dan hari libur. Setiap pengunjung bebas menggunakan semua fasilitas yang tersedia. Seperti masjid, toilet, tempat selfie, sepeda dan lain-lain. Nah kalau sabtu dan senin malam pengelolanya bikin live music akustik di warnet.

Artikel menarik lainnya: Wisata Kebun Buah Bogor Belajar Tumbuhan dan Memberi Makan Rusa

alamat Tempat wisata hutan kertas di Karawang

Lokasi hutan kertas berada di Desa Gintung, Desa Kutamekar, Kecamatan Ciampel, Prefektur Karawang. Daerah ini termasuk dalam depo PT. Pindo Deli. Untuk menuju tempat wisata tersebut, wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi karena tersedia di tempat parkir yang cukup memadai.

Obyek wisata Papierwald buka setiap hari dari hari Minggu sampai Kamis dari jam 8 pagi sampai jam 11 malam dan dari hari Jumat sampai Sabtu dari jam 8 pagi sampai jam 1 siang.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button