Nikmati kelezatan Sego Tewel, masakan tradisional khas Kabupaten Pati - WisataHits
Jawa Tengah

Nikmati kelezatan Sego Tewel, masakan tradisional khas Kabupaten Pati

TRIBUNPANTURA.COM, PATI – Di Indonesia, nangka muda banyak digunakan sebagai bahan utama dalam berbagai makanan tradisional.

Di beberapa daerah, aneka olahan nangka muda bahkan sudah menjadi andalan wisata kuliner. Tak terkecuali di Pati, Jawa Tengah.

Jika Gudeg Yogyakarta, Pekalongan Sego Megono dan wilayah Sumatera Barat memiliki gulai nangka, Pati juga memiliki kuliner tradisional andalan berbahan nangka muda.

Namanya Sego Tewel.

Sego-Tewel dikenal sebagai kuliner khas yang berasal dari Kecamatan Tambakromo, Kabupaten Pati.

Ada banyak warung tradisional yang menjual hidangan ini.

Salah satu yang paling legendaris adalah stand Mbah Rasiah Sego Tewel di desa Ngerang.

Disajikan di atas piring kayu jati, nasi dengan sejumput tewel hangat (nangka muda) sudah cukup membuat Beni Ariyanto (38) ketagihan.

“Irisan cabai membuatnya pas. Ditambah lagi dengan tempe goreng dan bakwan hangat dengan irisan kecil. Enak sekali,” kata staf Setda Kabupaten Pati, Rabu (17/8/2022).

Keistimewaan lain dari Sego-Tewel, menurut Beni, adalah pangkal daun jati muda yang menimbulkan aroma khas yang menambah kelezatan Sego-Tewel.

Pria asal Gaboo ini mengaku sudah menjadi pelanggan setia stand Sego Tewel Mbah Rasiah sejak masih sekolah belasan tahun lalu.

Keistimewaan lain dari Sego-Tewel adalah pangkal daun jati muda yang mengeluarkan aroma khas yang menambah kelezatan Sego-Tewel.

Selain Tambakromo, warung yang menyajikan menu Sego Tewel juga mudah ditemukan di daerah Pati lainnya.

Warung Sego Tewel juga tersebar di sekitar kawasan Kota Pati, termasuk di kompleks wisata kuliner Alun-Alun Kembangjoyo.

Source: pantura.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button