Danau Kusuma Jumantono, Karanganyar: Wisata Bunga Lokal hingga Internasional - WisataHits
Jawa Tengah

Danau Kusuma Jumantono, Karanganyar: Wisata Bunga Lokal hingga Internasional

KARANGANYAR – Satu lagi taman bunga di Kabupaten Karanganyar yang bisa memanjakan mata. Namanya Danau Kusuma. Situs ini terletak di desa Tunggulrejo di kabupaten Jumantono.

Untuk memanjakan mata dengan keindahan bunga, Anda tidak perlu jauh-jauh keluar kota. Selain itu, menghabiskan mahal. Karena di kawasan Jumantono akan dibuat taman bunga Telaga Kusuma.

Ada banyak koleksi bunga warna-warni yang bisa dinikmati di tempat ini. Dulunya digunakan sebagai lokasi pertanian oleh pemerintah desa setempat. Sekarang telah berubah menjadi pariwisata di kabupaten Jumantono yang merupakan wilayah selatan Karanganyar.

Kepala Desa Tunggul Rejo Parno mengungkapkan, konsep pengembangan Danau Kusuma adalah wisata mewah dengan harga murah.

“Jadi situs ini dibangun untuk kaum marginal agar bisa menikmati semua atraksi yang ada dengan biaya murah. Dan nikmati fasilitas wisata seperti kolam renang, waterpark, kafe, ruang pertemuan dan studio virtual reality,” jelas Parno.

Parno menambahkan, pengelola pariwisata yang baru bekerja sama dengan organisasi pemuda dan masyarakat. Sehingga mampu meningkatkan sumber pendapatan asli desa (PAD) yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Jadi di antara tanaman bunga itu kita juga akan membangun tempat untuk foto selfie dengan motif dari China. Bahkan kesempatan foto tradisional Jawa,” tambahnya.

Untuk menikmati keindahan dan pelayanan Danau Kusuma, wisatawan harus merogoh kocek sekitar Rp 10.000,- diakui Parno. Dengan harga ini Anda mendapatkan semua fasilitas di tempat.

“Tujuan utama kami adalah pengelolaan karena kami ingin mengoptimalkan apa yang ada di desa. Selain itu, ia juga ingin melipatgandakan pendapatan dari potensi desa yang ada. Karena bisa menambah pendapatan desa dan nantinya bisa menjadi desa mandiri,” ujarnya. (rud/adi/bendungan)

Source: radarsolo.jawapos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button