MONT ARJUNO Tiket, Rute dan Kegiatan - WisataHits
wisatahits

MONT ARJUNO Tiket, Rute dan Kegiatan

MONT ARJUNO Tiket, Rute dan Kegiatan

Harga tiket masuk Gunung Arjuno: Rp 11.000- Rp 16.000. Jam buka: 07:00-17:00 WIB. Nomor Telepon : 0341 483254. Alamat : Pecalukan Barat, Pecalukan, Prigen, Pasuruan, Jawa Timur, Indonesia, Jawa Timur.

Gunung Arjuno merupakan objek wisata pegunungan yang terletak di perbatasan Batu – Malang. Obyek wisata alam ini memiliki ketinggian sekitar 3.339 mdpl. Dengan demikian, gunung ini termasuk dalam jajaran gunung tertinggi ke-4 di Pulau Jawa. Tak heran gunung ini sangat dicari sebagai jalur pendakian.

Pesona pemandangan alam pegunungan menjadi sajian utama. Jangan lewatkan hamparan pepohonan lebat yang mengelilingi gunung ini. Selain itu, pengunjung juga bisa mengamati beberapa air terjun dan sungai dari ketinggian. Pemandangan indah ini sangat menyejukkan mata berpadu dengan segarnya udara disekitarnya.

Harga tiket masuk Gunung Arjuno

Pihak pengelola objek wisata ini tidak memungut biaya masuk nominal. Sehingga beraktifitas di gunung ini lebih seru dengan biaya yang lebih murah.











Biaya masuk
Tiket masuk Archipelago Climber dari hari Senin sampai Jumat Rp 11.000
Tiket masuk Pendaki Nusantara dari hari Sabtu sampai Minggu Rp 16.000
Tiket Masuk Pendaki Internasional Rp 201.000
Tarif kendaraan
kendaraan roda 2 Rp3.000
kendaraan roda 4 Rp5.000

Syarat dan ketentuan pendakian di Gunung Arjuno:

  • Pendaftaran pendakian melalui website http://sipenerang.tahurararadensoerjo.or.id/.
  • Telah menerima setidaknya dosis kedua vaksin.
  • Menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk menunjukkan sertifikat vaksin.
  • Membawa KTP yang valid.
  • Membawa surat keterangan sehat.
  • Bawa kantong sampah.

Baca: 11 Tempat Wisata Pilihan di Pasuruan

Jam buka

Pendakian Gunung Arjuno ditutup sementara hingga 1 Februari 2023

Pihak pengelola Gunung Arjuno tidak menetapkan jam buka atau tutup pada waktu-waktu tertentu. Dengan demikian, pengunjung bisa lebih leluasa beraktivitas di objek wisata alam ini kapan saja.






Jam buka
Eskalasi waktu tugas lisensi di setiap posisi 07.00 – 17.00 WIB.

Berbagai aktivitas wisata Gunung Arjuno

Obyek wisata gunung ini cocok untuk berbagai aktivitas petualangan. Pengunjung bisa mendaki dengan beberapa jalur. Tak hanya itu, pengunjung juga bisa melakukan aktivitas seru lainnya.

Pendakian & Jalur

Pendaki di puncak Gunung ArjunoPengunjung dapat mendaki ke puncak Gunung Arjuno.
Foto: Google Maps/Loekman Hakeem

Gunung Arjuno terkenal untuk pendakian oleh para pecinta wisata alam dari berbagai penjuru daerah. Pengunjung dapat mendaki dengan memilih salah satu dari empat jalur. Jalur pendakian pertama adalah Tretes. Rute des Tretes memiliki medan yang cukup terjal. Jalur ini dapat ditempuh dalam waktu 7 hingga 8 jam.

Selain itu, ada jalan Lawang yang menyuguhkan panorama alam yang luar biasa. Namun pengunjung membutuhkan banyak waktu jika melewati jalan ini. Jalur lain yang bisa ditempuh adalah jalan Purwosari. Jalur ini ditujukan untuk pendaki profesional. Jalur Purwosari memiliki medan yang sangat sulit dan cukup terjal.

Baca: Tiket Masuk PRIGEN SAFARI TAMAN dan 10 Wahana Seru

Jalur yang menawarkan pemandangan terbaik adalah jalan Batu. Pengunjung membutuhkan waktu sekitar 10 jam untuk melewati jalur ini. Sebelum mendaki, pengunjung harus mempersiapkan kondisi fisik yang baik. Belum lagi perlengkapan dan perkakas yang harus disiapkan selengkap mungkin.

Keindahan pemandangan Gunung Arjuno

Kawasan perbukitan hijau gunung arjunoPengunjung dapat melihat pemandangan indah di sekitar Gunung Arjuno.
Foto: Google Maps/
Fajar jiwaku

Selain mendaki, pengunjung bisa melakukan aktivitas santai di gunung yang satu ini. Duduk santai sambil menikmati panorama sekitar yang menawan dari atas bisa menjadi pilihan. Obyek wisata alam ini memiliki beragam spot pemandangan yang sayang untuk dilewatkan.

Tempat pertama yang patut diamati dari ketinggian adalah sumber Sungai Brantas. Sumber Sungai Brantas membentang di lereng gunung ini. Sungai ini merupakan sungai terpanjang kedua di Pulau Jawa. Sungai Brantas melewati beberapa kota di Jawa Timur seperti Sidoarjo, Malang, Blitar.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas GARDEN PAK BUDI Pasuruan

Selain itu, ada satu spot yang tak kalah menyejukkan mata yaitu air terjun papy bodo. Air terjun ini bisa dinikmati pengunjung yang mendaki melalui Route des Tretes. Jika pengunjung melewati jalan Lawang, mereka bisa menikmati indahnya hamparan kebun teh. Tak hanya itu, pengunjung juga akan disuguhi rimbunnya pepohonan di Alas Lali Jiwo.

Kegiatan berkemah

berkemah di gunung arjunoPengunjung bisa berkemah di kawasan Gunung Arjuno.
Foto: Google Maps/Mega Nurmasari

Tidak hanya kegiatan berpetualang saja yang bisa dilakukan di objek wisata alam ini. Pengunjung juga dapat melakukan perjalanan santai, salah satunya berkemah. Pengunjung dapat mendirikan tenda sambil menikmati panorama sekitar yang menakjubkan.

Temukan flora dan fauna

Gunung Arjuno berada di dalam Kawasan Konservasi Arjuno Lalijiwo. Pengunjung bisa berkeliling hutan yang dipenuhi pepohonan yang menjulang tinggi. Ada berbagai jenis tanaman yang ditemukan di hutan ini. Pengunjung dapat menemukan cemara, pinus, kuartal, penyimpanan, dan banyak lagi.

Baca: Tiket Masuk SKY DOOR dan Wahana Seru

Selain flora, pengunjung juga bisa mengenal fauna hutan ini. Sejumlah fauna khas Jawa dapat ditemukan di hutan ini. Pengunjung dapat melihat rusa, elang jawa, babi hutan, dll. Namun, pengunjung harus berhati-hati agar tidak terlalu dekat dengan satwa liar ini.

Anak-anak harus dikenalkan dengan flora dan fauna objek wisata ini. Dengan demikian, pengetahuan anak akan bertambah. Selain itu, rasa ketertarikan anak terhadap alam akan meningkat

Reda

Pihak pengelola objek wisata gunung ini menyediakan peralatan yang memadai. Fasilitas yang dimaksud antara lain tempat parkir, toilet umum dan rest area. Sehingga pengunjung dapat menggunakan fasilitas yang ada sesuai kebutuhan. Pengunjung akan merasa lebih nyaman dengan fasilitas yang disediakan.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana BHAKTI NATURAL AGRICULTURE Pasuruan

Lokasi dan jalur menuju Gunung Arjuno

Gunung Arjuno terletak di perbatasan Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang, dan Kota Batu. Ketiga daerah tersebut masuk dalam wilayah provinsi Jawa Timur. Rute yang ditempuh tidak sulit untuk sampai ke sana karena jalannya sudah bagus. Selain itu, pemandangan di kanan kiri jalan juga memanjakan mata.

Pengunjung dapat mencapai objek wisata ini dari Surabaya dengan bus ke Malang. Kemudian, pengunjung harus turun di Terminal Pandaan dan naik angkot menuju Tretes. Setelah itu ikuti saja rambu-rambu untuk sampai ke gunung ini.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button