Mesin kapal rusak karena cuaca buruk, 160 turis terdampar di pulau kecil Tidung - WisataHits
Yogyakarta

Mesin kapal rusak karena cuaca buruk, 160 turis terdampar di pulau kecil Tidung

TEMPO.CO, jakarta – Sebanyak 160 wisatawan terdampar di Pulau Tidung Kecil di Kepulauan Seribu setelah kapal yang mereka tumpangi mogok pada Jumat malam lalu.

Kapal yang mereka tumpangi adalah rute Pulau Pramuka – Dermaga Marina Ancol. Kapal kemudian berhenti di Pulau Tidung untuk mengangkut sekitar 80 penumpang.

Dalam perjalanannya, mesin kapal mengalami kerusakan akibat cuaca buruk, sehingga kapal harus ditarik oleh kapal nelayan yang sedang mengarungi perairan. Kapal selanjutnya dapat berlabuh di pulau terdekat yaitu Pulau Tidung Kecil.

Video yang diperoleh Antara pada Jumat malam menunjukkan beberapa wisatawan terbaring lemas setelah kapal bisa berlabuh di dermaga di Pulau Tidung Kecil. Menurut narasi VCR, penumpang kapal kelelahan.

Penumpang banyak yang capek minta tolong ke warga Puskesmas, warga Puskesmas minta tolong di Tidung Kecil, warga Puskesmas, kata perekam dalam video yang didapat dari Antara.

Tak lama kemudian, pejabat gabungan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu membantu para wisatawan yang terdampar. Petugas juga membawa bantuan sembako berupa nasi kotak dan air minum untuk 160 wisatawan tersebut.

“Sudah selesai, dokter Puskesmas Kepulauan Seribu sudah datang. Bantuan sembako sudah ada, pihak kelurahan juga sudah melakukan tindakan. Kebetulan besok pejabat kita ada kegiatan. Jadi jangan pulang membantu dan mengurus balai,” kata Kasudin KPKP Kepulauan Seribu Devi Lidya, Jumat malam, 28 Oktober 2022.

Devi menjelaskan, bantuan tersebut dilakukan secara gotong royong dengan menyiapkan tempat penampungan sementara di aula pertemuan UPT Balai Besar Budidaya dan Konservasi Kelautan (KPKP) DKI Jakarta serta menyediakan bahan pangan dan pemeliharaan.

Rencananya, kapal pengangkut wisatawan yang terdampar di Pulau Tidung Kecil Kepulauan Seribu itu berangkat ke Dermaga Marina Ancol di Jakarta Utara pada pukul 06.00 WIB Sabtu pagi ini.

Baca Juga: Pulau Gusung, Luas 1.260 Meter Persegi, Muncul di Kepulauan Seribu

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button