Pemkab Banyuwangi Gelar Rakor Sepakati SOP Penyelenggaraan Kejuaraan Olahraga - WisataHits
Jawa Timur

Pemkab Banyuwangi Gelar Rakor Sepakati SOP Penyelenggaraan Kejuaraan Olahraga

JATITIMES – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi telah belajar dari berbagai pengalaman kejadian di kabupaten/kota lain di Indonesia dan menggelar rapat koordinasi awal untuk menyusun Standar Operasional Prosedur (SOP) penyelenggaraan kejuaraan olahraga yang melibatkan banyak orang itu. Rabu (12/10/2022) di Ruang Mas Alit Pemkab Banyuwangi.

Menurut Drs. Dwi Yanto, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Banyuwangi, dengan adanya SOP penyelenggaraan kejuaraan olahraga, terdapat standarisasi sarana dan prasarana serta risiko yang mungkin timbul tertuang dalam SOP tersebut.

Baca Juga: Pimpinan Bank Jatim Terima Trofi Bergilir Gubernur Jawa Timur

“Yang paling penting adalah melatih para penggemar fanatik. Karena di mana pun akar masalahnya ada pada suporter yang tidak bisa menerima kekalahan tim favoritnya,” jelas Dwi.

Jadi, lanjut wasit berkacamata, pihak penyelenggara pertandingan atau pertandingan harus sesuai dengan SOP yang telah ditetapkan, antara lain membandingkan petugas keamanan dengan perkiraan jumlah penonton termasuk suporter.

“Siapapun yang menggelar pertandingan dengan menghadirkan ribuan penonton, petugas yang perlu disiapkan nanti akan dimasukkan ke dalam SOP agar nanti semuanya bisa dikendalikan,” imbuhnya.

Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Banyuwangi berperan paling penting dalam penyusunan teknis SOP penyelenggaraan kejuaraan olahraga, karena menyangkut aspek teknis.

Sementara itu, Abdul Aziz Hamidi, Ketua Dispora Banyuwangi, mengatakan dalam penyusunan SOP penyelenggaraan kejuaraan olahraga tersebut, pihaknya akan membentuk tim yang terdiri dari: Dispora, KONI Banyuwangi, aparat keamanan, dinas kesehatan, pemadam kebakaran dan instansi terkait lainnya.

Baca juga: Restorasi Infrastruktur Butuh Waktu Lebih dari Sebulan, Kawasan Wisata Pantai Gemah dan Midodaren Ditutup Sementara

“SOP yang disusun untuk mengatur penyelenggaraan kejuaraan olahraga yang mengundang penonton besar atau kecil diatur dalam aturan,” jelas Aziz.

Agenda rapat koordinasi tersebut antara lain; Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Banyuwangi, Kadispora yang didampingi beberapa jajaran, perwakilan Polres Banyuwangi, Jajaran Direksi KONI Banyuwangi, Kadis Olah Raga KONI Banyuwangi, dan beberapa undangan lainnya.

Source: www.jatimtimes.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button