Menparekraf menargetkan pariwisata menyerap 4,4 juta tenaga kerja baru pada 2024 - WisataHits
Jawa Barat

Menparekraf menargetkan pariwisata menyerap 4,4 juta tenaga kerja baru pada 2024

Pada 2022, Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif menargetkan menambah 1,2 juta lapangan kerja.

REPUBLIKA.CO.ID, LEBAK – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menargetkan 4,4 juta tenaga kerja baru di sektor pariwisata pada 2024. “Kami berharap penyerapan tenaga kerja dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif Sandiaga Uno di Lebak, Banten, Minggu (16/1022).

Lapangan kerja di sektor pariwisata, lanjutnya, memiliki efek berantai yang cukup besar dalam meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat. Selain itu, juga dapat meningkatkan penyerapan tawaran pekerjaan hingga 6 kali lipat.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menargetkan dapat menambah 1,2 juta lapangan kerja pada 2022 dan naik menjadi 4,4 juta pada 2024. “Kami yakin sektor pariwisata dapat berkontribusi pada perekonomian masyarakat dan mengatasi pengangguran” kata Sandiaga.

Pihaknya fokus pada peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan berbagai inovasi dan strategi pengembangan sektor pariwisata melalui pelibatan pemangku kepentingan, termasuk masyarakat. Saat ini, Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif sedang mengadakan kompetisi untuk 50 desa wisata dengan Penghargaan Desa Wisata Indonesia (ADWI) yang didampingi oleh Bank Central Asia (BCA) dan kotamadya lainnya.

Pelaksanaan lomba desa wisata merupakan kearifan lokal yang perlu ditumbuhkembangkan dan dilestarikan. Selain itu, lesunya objek wisata juga menjadi pendorong adanya pandemi.

“Kami optimis destinasi wisata akan bangkit kembali dan berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat,” kata Sandiaga.

Sumber: Antara

Source: www.republika.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button