12 oleh-oleh khas Bandung, makanan dan boneka semuanya - WisataHits
Jawa Barat

12 oleh-oleh khas Bandung, makanan dan boneka semuanya

12 oleh-oleh khas Bandung, makanan dan boneka semuanya

KOMPAS.com – Bandung adalah tujuan wisata yang populer, banyak wisatawan datang pada akhir pekan dan hari libur.

Bandung juga memiliki berbagai tempat wisata yang sudah biasa di telinga para wisatawan. Misalnya ada Farm House, Great Asia Africa dan juga Lembang Wonderland.

Berkunjung ke kota lain tidak lengkap rasanya tanpa membawa oleh-oleh. Ada berbagai suvenir dari Bandung, dari makanan hingga koleksi dan barang-barang tradisional.

Di bawah ini adalah 12 oleh-oleh khas Bandung untuk dibawa pulang untuk teman atau keluarga di rumah:

1. Batang Pisang

Bandung terkenal dengan jajanan pisang bolennya. Biasanya, jajanan ini bisa ditemukan di toko-toko ternama seperti Kartika Sari.

Ilustrasi Kue Pisang Coklat Khas Bandung. SHUTTERSTOCK/EDGUNN Ilustrasi kue pisang coklat khas Bandung.

Banana bolen merupakan perpaduan pisang dengan topping coklat atau keju dan rasa lainnya, yang kemudian dibungkus dengan kulit pastry.

Pengunjung juga dapat memesan bola pisang ini, tidak hanya dapat membelinya melalui toko tetapi juga melalui marketplace dan layanan pesan antar makanan. on line.

2. Brownies panggang

Camilan lain yang dikenal sebagai oleh-oleh khas Bandung adalah brownies panggang. Mirip dengan Banana Bolen, ada brownies panggang di Primarasa Confectionery dan juga di Kartika Sari.

Ilustrasi kue coklat panggang.Ilustrasi brownies panggang Doc Shutterstock/Vladislav Noseek.

Sejauh ini, Primarasa memiliki 8 cabang di Bandung. Untuk harga, brownies panggang yang dijual di Primarasa berkisar antara Rp 43.000 hingga Rp 90.000 tergantung varian brownies panggang.

3. batagor khas bandung

Tentu jika mendengar kata Batagor berarti kota Bandung. Makanan khas Bandung ini memiliki kepanjangan dari bakso tahu goreng dan adonan ikan tenggiri.

Ilustrasi Batagor Bandung. SHUTTERSTOCK/Ariyani Tedjo band ilustrasi.

Untuk sajian batagor biasanya disajikan dengan sambal kacang, kecap asin, sambal, dan jeruk nipis.

Pengunjung Bandung dapat membeli Batagor sebagai oleh-oleh di beberapa gerai seperti Batagor Kingsley dan Batagor Riri. Harga untuk satu porsi mulai dari Rp 80.000 – Rp 200.000 untuk 10 batagor dan asesorisnya.

Namun, ada gerai Batagor lain yang juga bisa ditemukan di berbagai pusat oleh-oleh di Bandung.

4. Peuyeum Bandung

Dikutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan), makanan khas Bandung lainnya adalah Peuyeum.

Peuyeum adalah makanan tradisional yang terbuat dari singkong yang difermentasi dengan air dan ragi.

Ilustrasi peuyeum atau singkong yang difermentasi. Dermaga. Ilustrasi Shutterstock/apapi peuyeum, atau singkong yang difermentasi.

Padahal, makanan ini sudah ada sejak zaman kolonial. Sekarang tumbuh seiring waktu.

Untuk membeli Peuyeum di Bandung ini, wisatawan bisa mencoba mengunjungi Peuyeum the Honey atau mencari pusat oleh-oleh lainnya di Bandung.

5.Cireng

Tentunya jika kita sering membeli jajanan gorengan pinggir jalan, kita tidak asing lagi dengan nama makanan yang satu ini yaitu cireng.

Ilustrasi Cireng PedasShutterstock/Arni’s Indonesia Ilustrasi Cireng Pedas

Cireng adalah makanan yang berasal dari Bandung. Singkatan dari “Aci Goreng”, masakan ini dibuat dari adonan yang menggunakan bahan dasar tepung kanji kemudian digoreng.

Biasanya makanan ini hanya digoreng, seperti namanya. Namun seiring berjalannya waktu, Cireng tumbuh lagi dengan varian dan rasa yang berbeda.

Dilaporkan oleh www.tribunnews.com (05/07/2020), wisatawan yang ingin membeli cireng sebagai oleh-oleh khas Bandung dapat mengunjungi tempat-tempat berikut ini yaitu Cireng Ojay, Cireng Cipaganti dan Cireng Galing Nyinden.

6. Seblak

Makanan yang satu ini memang sering terdengar di telinga, bahkan gerainya berbeda-beda di sekitar kita. Ternyata Seblak adalah makanan khas Bandung.

Ilustrasi sambal seblak pedas yang mengenyangkan. SHUTTERSTOCK/ Irfan Hikmawan Ilustrasi saus pedas yang mengenyangkan.

Rasa pedas dan gurih yang dilengkapi dengan topping lainnya menjadi keunggulan makanan ini, sehingga mudah ditemukan di kota-kota lain di luar Bandung. Namun jika ingin merasakan cita rasa asli Seblak, Bandung adalah jawabannya.

Dilaporkan oleh Kompas.com (26/2/2021) ada beberapa rumah makan di Seblak yang bisa menjadi destinasi kuliner. Beberapa di antaranya adalah Seblak Sultan, Seblak Abdul dan Seblak Imot.

Sejumlah pasar juga menawarkan Seblak kering, yang dapat dikirim dari kota dan dimasak di rumah.

7. Kue Bondon

Kue Bondon adalah kue yang terkenal di daerah Bandung. Kue ini memiliki keunikan tersendiri yang membuat kue ini laris manis dan terkenal.

Seporsi kue Bondon dengan saus pedas dan asam khas toko.KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Seporsi kue bondon dengan saus asam pedas khas toko.

Menurut laporan dari Tribunnews.com (29/10/2022), cara memasak kue-kue ini unik karena dimasak dengan arang, yang membuat kue-kue ini memiliki cita rasa yang khas dan berbeda.

Kue Bondon ini berlokasi di Jalan Station Timur No.26, Kebon Jeruk, Kecamatan Andir, Kota Bandung. Waktu operasional mulai pukul 10.30 hingga 02.00 WIB.

8. Boneka

Teater wayang adalah salah satu jenis wayang yang ada di Indonesia. Dikutip dari Kompas.com (1/6/2022), wayang golek ini berasal dari Pasundan, Jawa Barat.

Seni Teater Boneka.Shutterstock Seni pewayangan.

Boneka ini merupakan boneka yang terbuat dari kayu, kulit dan sebagainya. Sebagai fungsi hiburan dan pelengkap upacara ritual, wayang golek juga bisa menjadi pilihan untuk oleh-oleh.

Kompas.com (15/9/2021) diberitakan, biasanya untuk kerajinan tradisional seperti Wayang Golek ini bisa ditemukan di Jalan Haji Akbar No. 10, Pasar Kaliki, Cicendo, Kota Bandung. Buka mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB

9. Takut

Bagi pecinta budaya Indonesia dan rekreasi edukatif, mengunjungi salah satu akomodasi budaya di Bandung ini bisa menjadi pilihan berwisata. Saung tersebut adalah Saung Angklung Udjo No. 72 Jalan Padasuka, Pasirlayung, Kecamatan Cibeunying Kidul, Kota Bandung.

Pertunjukan musik Arumba di Saung UdjoEnsiklopedia Jakarta Pertunjukan Musik Arumba di Saung Udjo

Angklung adalah alat musik khas Jawa Barat yang dimainkan dengan cara digoyang-goyangkan. Di Saung Angklung Udjo, pengunjung bisa belajar bermain angklung untuk membeli oleh-oleh.

Saung ini memiliki toko oleh-oleh yang menjual kerajinan tangan seperti gantungan kunci angklung, angklung akrilik, angklung bambu, dan pajangan gamelan.

10. Tas dan sepatu Cibaduyut

Kawasan Cibaduyut dikenal sebagai kawasan yang menjual produk lokal berupa fashion seperti sepatu dan tas.

Sepatu Cibaduyut, salah satu produk lokalSepatu COMPASS/RONY ARIYANTO NUGROHO Cibaduyut salah satu produk dalam negeri

“Cibaduyut dikenal sebagai produsen beberapa fashion item lokal. Salah satu yang paling terkenal adalah sepatu,” kata Trixie Larissa, warga Bandung di Jakarta Kompas.com (09/11/2022).

Menurutnya, berbelanja sepatu di Cibaduyut sudah seperti tradisi turun temurun karena barang yang dihasilkan berkualitas baik, bahkan beberapa produsen mengekspor ke tempat yang berbeda.

Dilaporkan oleh Kompas.com (15/9/2021) tidak hanya tas dan sepatu yang dijual, tetapi juga berbagai produk lainnya seperti dompet, ikat pinggang, sandal dan berbagai aksesoris lainnya.

11. Batik khas Jawa Barat

Dikutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jawa Barat juga memiliki berbagai jenis batik yang memiliki ciri khas dan motif yang unik. Salah satu yang paling terkenal adalah Batik Megamending karya Cirebon.

mega menu batik.Gunarta/Wikimedia Commons Batik megamending.

Batik Mega Muff ini memiliki motif menyerupai awan di langit biru. Selain itu, Jawa Barat juga memiliki batik lainnya, seperti Batik Ganasan oleh Kabupaten Subang dan Batik Kujang Kijang oleh Bogor.

Ada toko batik di Bandung yang bisa kamu kunjungi, yaitu Rumah Batik Komar. Rumah tie-dye ini memiliki sekitar 10.000 sketsa tie-dye yang dapat dilihat dalam bentuk fisik dan digital.

Selain itu, Batik Komar memiliki sekitar 150 desain motif batik yang telah mendapatkan sertifikat hak cipta dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Kemudian ada juga koleksi batik cap berupa batik hias seluruh Indonesia. Ada 4.000 desain untuk koleksi perangko tie-dye ini.

12. Mainan tradisional

Penjual suvenir ramai di sepanjang Cihampelas Walk. Mulai dari jajanan, tas, sepatu, baju, aksesoris hingga mainan tradisional.

mainan tradisional terbaik.Steven/Wikimedia Commons Mainan tradisional teratas.

Salah satunya adalah mainan tradisional yang ditemukan di daerah tersebut, gasing. Mainan ini merupakan mainan yang cukup membuat siapapun bernostalgia dengan masa kecilnya.

Dikutip dari Kompas.com (2022-07-25), spinning top merupakan mainan tradisional Indonesia yang ditemukan di berbagai daerah. Warga wilayah Jawa Barat menyebutnya Top atau Panggal.

Mainan terbuat dari kayu yang kuat, seperti B. Kayu dari pohon mahoni, cemara, tanduk dan lemon.

Cara memainkannya adalah dengan melilitkan tali di sekitar bagian atas atas, kemudian tali ditarik hingga terlempar dan berputar pada porosnya.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terbaru setiap hari dari Kompas.com. Jom join grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button