Menjelajahi Desa Wisata Pulau Pahawang, Surga Bawah Laut di Pulau Selatan Sumatera - Betik Lampung - WisataHits
Jawa Timur

Menjelajahi Desa Wisata Pulau Pahawang, Surga Bawah Laut di Pulau Selatan Sumatera – Betik Lampung

Betiklampung.com (SMSI), Lampung —

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) akan menggalakkan konversi 10 desa wisata Mitra Bakti BCA menjadi destinasi wisata baru. Berbekal sejarah dan pengalaman mengembangkan sejumlah desa wisata, perusahaan meyakini 10 desa wisata Mitra Bakti BCA dapat menjadi mesin ekonomi baru yang memberikan link dan manfaat ekonomi bagi masyarakat.

10 Desa Wisata Mitra Bakti BCA menjadi finalis dalam ajang Indonesian Tourism Village Award (ADWI) 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif, dipercayakan kepada BCA untuk mendapatkan dukungan dan pelatihan untuk mentransformasikan diri menjadi destinasi wisata unggulan baru.

“BCA akan memberikan pendampingan dan pembinaan secara intensif selama kurang lebih satu tahun untuk mendukung 10 Desa Wisata Mitra Bakti BCA menjadi desa wisata yang dikenal dengan potensi wisata dan pelayanan terbaiknya. Terima kasih banyak kepada Pak Sandiaga Uno dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang telah mempercayakan 10 desa wisata finalis ADWI sebagai mitra Bakti BCA,” kata Peter Soeryadi, Kepala KCU BCA Lampung.

Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif Sandiaga Uno mengunjungi Pulau Pahawang, Lampung, bersama Kepala KCU BCA Lampung, Peter Soeryadi, pada Minggu (28 Agustus). Desa Wisata di Pulau Pahawang ini merupakan Desa Mitra Bakti BCA yang juga merupakan bagian dari program ADWI 2022.

Desa Wisata Pulau Pahawang merupakan negara kepulauan di Provinsi Lampung, topografi desa ini merupakan kepulauan seluas sekitar 1020 ha. Kawasan ini terkenal dengan keindahan alam laut khususnya biota laut seperti terumbu karang dan asri. ikan. Keindahan yang ditawarkan ini juga menjadikan Pulau Pahawang sebagai objek wisata dengan aktivitas menarik yaitu snorkeling, diving, fun fishing, fun camping dan formasi mangrove.

Selain itu wisatawan juga dapat menemukan makanan khas seafood yang segar, ada juga beberapa kuliner yang direkomendasikan antara lain Dodol Mangrove, Sotong Seruit, Keripik Mangrove dan berbagai olahan seafood lainnya. Fasilitas pariwisata yang ditawarkan di Desa Wisata Pulau Pahawang juga telah ditingkatkan untuk memenuhi standar pariwisata guna mendorong jumlah wisatawan.

Di Desa Wisata Pulau Pahawang tersedia homestay dan akses toilet umum di beberapa sudut wisata. Selain itu, terdapat wastafel dan hand sanitizer di beberapa sudut untuk mematuhi protokol kesehatan. Berbagai paket wisata juga tersedia bagi wisatawan yang ingin menjelajahi pulau dengan mudah dan ditemani oleh pemandu lokal.

Inge Setiawati selaku EVP CSR BCA menegaskan, pihaknya berbekal pengalaman yang didapat dari membangun 12 Desa Wisata BCA BCA, akan memberikan dukungan dan pembinaan secara intensif kepada 10 Desa Wisata Mitra Bakti BCA. Hal ini dilakukan untuk mempercepat terjadinya transformasi berkelanjutan dengan mengubah wajah desa-desa tersebut menjadi destinasi bertaraf internasional tanpa meninggalkan selera nasional.

Keanekaragaman budaya, tradisi dan kekayaan alam eksotis yang dimiliki desa liburan menjadi surga bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. “Kami ingin meletakkan fondasi yang kokoh bagi 10 desa wisata Mitra Bakti BCA, sehingga setelah meninggalkan acara ini, dasar-dasar pembinaan dan pendampingan dapat digunakan untuk membangun ekonomi lokal secara berkelanjutan dalam arti mata rantai ekonomi. yang bermanfaat bagi masyarakat berbasis pariwisata,” tegas Ing.

Seperti diketahui, event ADWI 2022 menarik sekitar 3.419 desa wisata dari seluruh nusantara sebagai peserta. Dari 3.419 peserta, ADWI menyalip 50 peserta sebagai finalis, yang mendapat dukungan dari mentor yang dipilih oleh Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif sebelum terpilih sebagai pemenang dari 7 kategori kompetitif. Ajang ADWI 2022 merupakan upaya Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif untuk mengembangkan potensi desa wisata di Indonesia menjadi destinasi wisata kelas dunia.

Dari 50 finalis tersebut, 10 desa wisata dipercayakan kepada BCA, antara lain Kampung Wisata Glodok Pecinan di Jakarta, Kampung Wisata Saba Budaya Baduy di Lebak Jawa Barat, Kampung Wisata Situs Gunung Padang di Cianjur Jawa Barat, Kampung Wisata Semen di Blitar Jawa Timur, Wisata Pulau Pahawang di Lampung, Desa Wisata Dayun di Siak Riau, Desa Wisata Silokek di Sijunjung, Sumatera Barat (Desa Wisata Bakti BCA), Wisata Desa Warna Tigarihit di Simalungun, Sumatera Utara, Wisata Kampung Melayu (Benua Melayu Laut) di Pontianak dan Malangga Desa Wisata di Toli Toli, Sulawesi Tengah.

Desa Wisata ADWI Pahawang Lampung – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengunjungi Lampung (batik biru) pada Minggu (28/8) bersama Peter Soeryadi, Ketua KCU BCA Lampung, Pulau Pahawang. Desa wisata di Pulau Pahawang ini merupakan desa mitra Bakti BCA yang juga merupakan bagian dari program ADWI 2022. Desa Wisata Pulau Pahawang merupakan negara kepulauan di Provinsi Lampung, topografi desa ini merupakan kepulauan seluas sekitar 1020 HA. Kawasan ini terkenal dengan keindahan alam lautnya, terutama biota lautnya seperti terumbu karang dan ikan-ikan yang indah.

Source: betiklampung.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button