10 Kota Tua di Indonesia Peninggalan Belanda, Nomor 8 Mirip Amsterdam : Okezone Travel - WisataHits
Jawa Timur

10 Kota Tua di Indonesia Peninggalan Belanda, Nomor 8 Mirip Amsterdam : Okezone Travel

ADA 10 Kota Tua Di Indonesia, peninggalan Belanda menjadi saksi sejarah bahwa penjajah Belanda pernah menduduki Indonesia. Salah satu buktinya dapat dilihat pada arsitektur bangunan di masing-masing kota kuno tersebut.

Nah, bangunan peninggalan Belanda ini memiliki keunikan tersendiri di setiap kota kuno di Indonesia ini. Ya, mungkin ada faktor lokal yang membuat bangunan tersebut terlihat berbeda, meski aksen utamanya berasal dari Belanda.

Lantas apa saja 10 kota kuno di Indonesia asal Belanda tersebut?

BACA JUGA:7 Kota Tua Paling Keren dan Instagramable di Indonesia

1. Jakarta

Ya, ibu kota Indonesia adalah kota tua peninggalan Belanda. Ada banyak kesaksian peninggalan Belanda di sini, di antaranya Gedung Fatahilah dan Museum Bank Indonesia yang terletak di Kota Tua Jakarta.

ilustrasi

Museum Sejarah Jakarta di Kota Tua Jakarta (Foto Okezone.com)

2. Bogor

Kota dekat Jakarta ini memiliki beberapa bangunan tua bersejarah yang masih berdiri kokoh, termasuk Istana Bogor.

3. Sendirian

Ada banyak bangunan peninggalan penjajahan Belanda yang terpelihara dengan baik di Solo. Uniknya, peninggalan Belanda bisa hidup berdampingan dengan Keraton Surakarta yang sebenarnya berkuasa di Solo.

BACA JUGA:Daftar 20 kota terindah di dunia menurut sains, mana favoritmu?

4. Zurabaya

Tidak hanya Jakarta yang memiliki kota tua, Surabaya juga memilikinya. Bahkan pemerintah Surabaya sedang merevitalisasi kota tua Surabaya agar terlihat lebih kontemporer tanpa kehilangan keasliannya.

lengan ke-5

Malang pernah menjadi tempat wisata para pejabat kolonial. Tak heran banyak bangunan bergaya Belanda di kota ini.

6. Salatiga

Kota Salatiga pernah mendapat predikat kota ternyaman. Karena udara di Salatiga sangat sejuk dan asri, makanya para pejabat kolonial suka berwisata ke sini.

Baca juga: Upaya Lawan IUUF, PPP Jalin Kerjasama Internasional dengan Negara-negara RPOA dan G20

7. Kediri

Di Kediri, Anda akan disuguhi kawasan Pecinan di sebelah timur Jembatan Tua yang sarat dengan peninggalan Belanda. Ini adalah salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Kediri.

8. Semarang

Semarang pernah menjadi pusat perdagangan dan militer pada abad ke-17. Hebatnya, kota tua Semarang dijuluki “Amsterdam Kecil” karena kemiripannya dengan ibu kota Belanda.

ilustrasi

9. Medan

Jika Anda berkunjung ke kawasan Ahmad Yani, Anda bisa melihat bangunan khas bergaya Belanda. Balai Kota, Istana Maimun dan Masjid Agung adalah contoh bangunan yang didesain dengan arsitektur Belanda.

10. Palembang

Palembang adalah kota tertua di Indonesia. Tak heran jika banyak saksi bisu pemerintahan Belanda di sini, terutama di sepanjang kawasan Sekanak, Jalan Jenderal Sudirman, hingga Jembatan Ampera.

Jadi inilah 10 kota kuno di Indonesia yang ditinggalkan oleh Belanda. Apakah Anda pernah ke semua tempat ini?

Source: travel.okezone.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button