Meninjau pembangunan dan kependudukan di Kapanewon Panggang, Komisi A melakukan kunjungan lapangan - WisataHits
Yogyakarta

Meninjau pembangunan dan kependudukan di Kapanewon Panggang, Komisi A melakukan kunjungan lapangan

Meninjau pembangunan dan kependudukan di Kapanewon Panggang, Komisi A melakukan kunjungan lapangan

Meninjau pembangunan dan kependudukan di Kapanewon Panggang, Komisi A melakukan kunjungan lapangan

Jogja, dprd-diy.go.id – Kamis (12/01/2023) Komisi A mengunjungi Kantor Kapanewon Panggang, Gunungkidul untuk meninjau perkembangan kelurahan dan kependudukan di Kelurahan Panggang. Kunjungan lapangan ini dipimpin oleh Eko Suwanto, ST, M.Si. sebagai Ketua Komisi A.

Anggota Komite A, Dr. Hj.Yuni Satia Rahayu, SS, M.Hum. Menyoroti masalah kependudukan dan memvalidasi data, terutama menjelang pemilu tahun depan. Menurutnya, data tersebut harus selalu dimutakhirkan, apalagi banyak anak muda yang dilihat dari usianya akan bisa mengikuti pemilu 2024.

“Terkait masalah kependudukan, mohon dilakukan validasi data, khususnya untuk pemilu. Seringkali nama tercatat tetapi tidak ada di lapangan. Selain itu, banyak juga anak muda yang akan memilih. Tolong disosialisasikan agar semua mau datang ke TPS untuk Pilkada 2024,” jelas Yuni Satia.

Widyastuti, Panewu Kapanewon Panggang menyatakan harapan seluruh masyarakat Gunungkidul adalah terwujudnya pembangunan pangkalan pendaratan ikan (PPI) pada tahun 2023. Selain itu, persoalan data kependudukan di kawasan Gunungkidul juga menjadi sorotan Komisi A.

Dalam kunjungan ini, Komisi sejalan dengan Komisi A yang membahas Rancangan Peraturan Daerah tentang Pembangunan Desa berinisiatif mengizinkan pemerintah untuk mendukung langsung Kelurahan dan jajarannya. Perlu ditelaah apakah fungsi diundangkannya UU No. 33 cukup untuk mensejahterakan rakyat atau tidak.

Selain itu, pemerintah juga disebut mencari cara untuk mendekatkan diri agar pembangunan bisa digenjot hingga ke level terendah.

Kemudian, masyarakat Panggang juga berupaya mewujudkan rest area di sepanjang JJLS (ruas Panggang Parangtritis). Pembangunan rest area ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di Kapanewon Panggang, serta memberikan fasilitas penunjang bagi PPI.

Wilayah Kapanewon Panggang terbagi menjadi 6 kecamatan antara lain Girisekar, Girimulyo, Girisuko, Giriharjo, Girikarto dan Giriwungu. Setiap kecamatan di Kapanewon Panggang memiliki potensi yang berbeda-beda. Mata pencaharian sebagian besar masyarakat adalah di bidang pertanian, peternakan dan perdagangan.

Namun demikian, dari enam kecamatan yang ada di Kapanewon Panggang, baru tiga kecamatan yang saat ini sedang membangun jalan tani dengan dana tambahan, yaitu Kecamatan Girisuko, Kecamatan Giriharjo dan Kecamatan Girisekar, dimana hal tersebut dapat terealisasi karena adanya pendampingan pengawasan oleh Komisi A.

Selain itu, Komisi A juga mendorong terwujudnya beberapa hal, antara lain sebagai pusat pertumbuhan ekonomi kerakyatan, sebagai pengembangan kebudayaan dan sebagainya. (Daging)

Tampilan: 11

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button