Meningkatkan potensi seni, kuliner dan kerajinan • Radar Jogja - WisataHits
Yogyakarta

Meningkatkan potensi seni, kuliner dan kerajinan • Radar Jogja

POTENSI: Kategori Kampung Budaya yang berkembang menunjukkan potensi unggulan seni, kuliner dan kerajinan di TBK Pengasih, Kulonprogo kemarin.

KULONPROGO, Radar Jogja– Sebanyak 25 desa budaya kategori pengembangan menunjukkan potensi unggulan seni, gastronomi dan kerajinan di Taman Budaya Kulonprogo (TBK) Pengasih, Kulonprogo. Kegiatan ini dilakukan oleh Dinas Kebudayaan (Kundha Kekulturn) selama lima hari hingga Selasa (15/11).

Kepala Biro Kebudayaan Kulonprogo (Kundha Budaya) Niken Probo Laras mengatakan, kegiatan tahun ini mengangkat tema unjuk potensi seni unggulan desa. Tingkat potensi seni, kuliner, dan kerajinan ini menjadi parameter kriteria desa budaya dalam kategori pengembangan menjadi desa budaya. “Tujuan utama dari kegiatan ini adalah menggali, melestarikan dan mengembangkan budaya daerah di kawasan percontohan kategori pengembangan stasiun budaya, sekaligus memperkuat fungsi budaya sebagai penangkal budaya asing yang tidak sesuai dengan nilai budaya Indonesia. ,” ujarnya kemarin (13/11).

Staf Ahli Sekretariat Daerah Kabupaten Kulonprogo Bidang Kesejahteraan Rakyat dan Sumber Daya Manusia Bambang Sutrisno mengatakan, budaya merupakan keistimewaan Jogjakarta. Artinya kebudayaan harus dilestarikan pada semua lapisan masyarakat.

Kekayaan budaya harus dilestarikan, budaya juga bisa dijadikan media penyebaran yang baik. Media yang tepat untuk ‘wewarah atau weweruh’ dikemas dalam sebuah cerita atau lirik. “Budaya yang dipelihara atau dikembangkan dapat menjadi Kelapa Benggolo (kaca) untuk perilaku manusia sehari-hari,” ujarnya.

Diharapkan kegiatan serupa dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi pelestarian dan pengembangan budaya yang ada. Selain itu, dapat memberikan ruang kreativitas, inovasi dan pengembangan seniman dan pecinta budaya di Kabupaten Kulonprogo. “Kegiatan ini nantinya juga bisa menjadi potensi wisata di setiap kabupaten budaya. Ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan sekaligus hiburan kerakyatan yang bermanfaat bagi warga sekitar,” harapnya. (tom/din)

Taman Budaya Kulonprogo Kulonprogo (TBK) Kasih

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button