Bergabunglah dengan wisata Kaliurang dan Kaliadem secara gratis pada 17 Agustus! - WisataHits
Yogyakarta

Bergabunglah dengan wisata Kaliurang dan Kaliadem secara gratis pada 17 Agustus!

Harianjogja.com, SLEMAN— Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) membebaskan biaya masuk kawasan wisata Kaliurang dan lereng Gunung Merapi Kaliadem di Cangkringan dalam rangka memperingati HUT RI ke-77 pada Rabu, 17 Agustus 2022 merayakan.

“Pada 17 Agustus 2022 mulai pukul 08.00 WIB hingga 19.00 WIB, tiket masuk ke Kaliutang dan Kaliadem akan dilepas untuk masyarakat umum,” kata Aris Herbandang, Kepala Dinas Pengembangan dan Kreatif Destinasi Pariwisata. Perekonomian Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Sleman, Senin (15/8.2022). .

Menurut dia, pungutan Kaliurang dan Kaliadem tidak hanya dipungut untuk menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia, tetapi juga untuk menyemarakkan gelar budaya yang disandang oleh para pemangku kepentingan pariwisata di Kaliurang pada Rabu, 17 Agustus di destinasi Nawang Jagad di Kaliurang Barat menjadi.

Penutupan budaya dengan rangkaian kegiatan upacara bendera yang akan diikuti lebih dari 130 pelaku wisata Kaliurang pada 17 Agustus 2022 mendatang. Upacara bendera ini dikemas dengan mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah,” ujarnya.

Ia berharap, karena acara bersama ini tidak dituding sebagai aksi balas dendam, akan mendapat pengakuan dari masyarakat luas sekaligus menjadi wahana promosi destinasi wisata Kaliurang dan Kaliadem.

BACA JUGA: Ada Kerangka Manusia Berusia 4.500 Tahun di Song Tritis Gunungkidul

“Rangkaian kegiatan akan dimulai dengan upacara bendera, dilanjutkan dengan flash mob dengan tarian Badui oleh para hadirin,” ujarnya.

Pejabat Fungsional Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Adhyatama Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Rini Wahyu Hestari mengatakan, tari Badui dipilih karena merupakan salah satu kesenian asli Kabupaten Sleman.

“Dalam pementasan besok, tarian Badui ini akan dikemas dalam sebuah pertunjukan seni yang bisa dilihat oleh seluruh peserta upacara maupun pengunjung atau wisatawan,” ujarnya.

Menurut dia, pementasan tari Badui itu diiringi kolaborasi Sanggar Tari Kerincing Manis Jaban Tridadi Sleman dengan Sanggar Sekar Jayashree Wukirsari Cangkringan Balangan Karangpaki.

Rini mengatakan rangkaian acara pertama akan dimulai di Nawang Jagad pada pukul 09.00 – 10.30 WIB dan akan dilanjutkan dengan pertunjukan flash mob kedua dan band Rebo Ngeslow di kawasan Tlogo Putri Kaliurang pada pukul 11.30 – 13. 30 WIB.

Ketua Forum Masyarakat (Formak) Kaliurang Farchan Hariem mengatakan acara bersama seluruh pemangku kepentingan pariwisata Kaliurang ini merupakan wadah bersama untuk mengungkapkan rasa syukur atas kemerdekaan Republik Indonesia, sekaligus menjadi dorongan bagi para pemangku kepentingan pariwisata untuk bersama-sama memulihkan kemandirian Usaha.

“Dalam rangka peringatan HUT RI besok, masyarakat khususnya para pemangku kepentingan pariwisata Kaliurang juga antusias mengikuti upacara dengan mengenakan pakaian daerah,” ujarnya.

Source: jogjapolitan.harianjogja.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button