Mengurai kemacetan, polisi menyiapkan rekayasa lalu lintas di Tawangmangu pada 1 Januari - WisataHits
Jawa Tengah

Mengurai kemacetan, polisi menyiapkan rekayasa lalu lintas di Tawangmangu pada 1 Januari

RADARSOLO.ID – Kawasan wisata Tawangmangu, Karanganyar, kerap macet saat perayaan tahun baru. Untuk meminimalisir hal tersebut, Polres Karanganyar menerapkan rekayasa lalu lintas (lalu lintas). Mulai 1 Januari jam 1 siang.

Kapolres Karanganyar AKBP Danang Kuswoyo melalui Kapolsek Tawangmangu AKP Sutarno mengatakan, rekayasa lalu lintas baru diperkenalkan pada 1 Januari lalu. Bukan 31 Desember yang bertepatan dengan malam tahun baru.

“Kami akan menerapkannya pada 1 Januari. Mulai jam 1 siang. Kami berasumsi bahwa peningkatan pengunjung akan terjadi pada tanggal 1 Januari. Karena kemungkinan ada wisatawan dengan kendaraan pribadi ingin naik ke Tawangmangu dan memenuhi tempat itu,” jelas Kapolsek, Senin (26/12).

Mantan Kasatlantas Polres Karanganyar itu menambahkan, hasil asesmen saat pesta Natal kemarin menunjukkan jumlah kunjungan dan arus lalu lintas di Tawangmangu normal. Tidak ada hambatan yang ditemukan.

Terkait rekayasa lalu lintas, Sutarno mengatakan akan ada pengalihan lalu lintas bagi kendaraan yang menuju Tawangmangu. Wisatawan yang datang dari Solo (Barat) akan dialihkan ke jalur Sumokado.

“Kalau begitu lurus saja lewat jalan setapak di tengah desa. Bagi wisatawan yang datang dari arah Magetan, Jawa Timur (timur), akan diberlakukan one way traffic dari Bundaran Cicoa menuju pasar Tawangmangu,” imbuhnya.

Sementara itu, Kapolres Karanganyar AKBP Danang Kuswoyo menegaskan jajarannya siap menghadirkan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang akan berwisata ke Bumi Intantan. Diberitakan, 946 pegawai Satpol PP, TNI dan Polri akan bersiaga di beberapa lokasi.

“Ada sekitar 16 objek wisata yang diperkirakan akan mengalami peningkatan kunjungan wisatawan. Nantinya, petugas dibantu sejumlah ormas dalam mengamankan. Termasuk teman-teman relawan di setiap kecamatan. Mereka ikut mengantisipasi kemacetan,” kata Kapolres. (rud/fer/ria)

Reporter: Rudi Hartono

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button