5 tempat bermain yang dulu ramai sekarang sepi seperti kuburan - WisataHits
Jawa Timur

5 tempat bermain yang dulu ramai sekarang sepi seperti kuburan

Jakarta, CNBC Indonesia – Taman bermain, disebut juga theme park, sering menjadi objek wisata pilihan bagi sebagian orang. Taman bermain ini menawarkan banyak tema, mulai dari wisata air hingga tema bermain yang memacu adrenalin.

Sayangnya, pandemi Covid yang melanda dunia pada tahun 2020 telah memukul bisnis taman bermain. Beberapa taman bermain harus ditutup secara permanen karena tidak dapat lagi memenuhi biaya operasional pengunjung yang hilang

Berikut sejumlah tempat wisata yang dulunya ramai dan kini terbengkalai seperti makam.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

1. Taman Air Snowbay





Pekerja melaksanakan rancangan proyek revitalisasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Senin (24/1/2022).  Snowbay Waterpark dulunya dikenal sebagai wahana permainan anak-anak yang populer, sayangnya kolam renang dengan berbagai wahana tersebut harus ditutup selama hampir 2 tahun karena COVID-19.  Beberapa kondisi fisik yang terabaikan dapat dilihat pada titik ini, mulai dari pintu masuk tiket dan rak penyimpanan.  Kondisi Snowbay Waterpark saat ini memang terbengkalai karena sudah lama ditutup.  Sejumlah kolam dibiarkan saja hingga airnya keruh.  Terlihat juga toko-toko yang biasa menjual perlengkapan renang dan memasak juga tutup.  Snowbay Waterpark, dikutip dari situs tamanmini.com, pada awalnya dirancang khusus sebagai taman rekreasi petualangan kelas dunia dengan konsep gunung salju.Taman seluas 3 hektar ini dibangun pada tahun 2008 dan dibuka oleh Ketua Yayasan Harapan Kita Hj. Siti Hardiyaanti Rukmana pada 19 April 2008. April 2009. Sebelumnya taman ini adalah Taman Rekreasi Ambar Tirta.  (CNBC Indonesia/Tri Susilo)Foto: State of SnowBay Waterpark di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Senin (24/1/2022). (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Berlokasi di kawasan Taman Mini Indonesia Indah, waterpark ini sempat terhenti operasionalnya pasca merebaknya pandemi Covid-19 dan TMII resmi diambil alih oleh pemerintah.

Saat masih beroperasi, Snowbay Water Park sangat ramai karena memiliki fasilitas bermain yang lengkap. Diantaranya, dua wahana yang paling terkenal adalah Hurricane slide dan Cool Running.

Menurut informasi, seiring dengan renovasi TMII, Snowbay Water Park yang sempat menganggur selama dua tahun akan dialihfungsikan menjadi tempat parkir.

2. Desa Gajah





Keadaan Desa Gajah Negeri Ajaib yang terbengkalai tahun 2019. (Yudha Maulana/detikcom)Foto: Kondisi Desa Gajah Wonderland yang terbengkalai tahun 2019. (Yudha Maulana/detikcom)
Keadaan Desa Gajah Negeri Ajaib yang terbengkalai tahun 2019. (Yudha Maulana/detikcom)

Tempat wisata Kampung Gajah Wonderland di Kabupaten Bandung Barat telah ditutup sejak tahun 2017 karena pailit. Daerah itu dibiarkan begitu saja.

Alhasil, taman hiburan unik yang sempat hits ini kini tampak tak terawat dan angker. Hal ini tentunya dimanfaatkan oleh para wisatawan pecinta horor untuk berburu spot foto di sana.

Kawasan wisata keluarga seluas 150 hektar ini pernah dipagari dengan patung gajah pinggir jalan yang ikonik. Tempat ini juga menawarkan wahana dan taman rekreasi air.

3. Taman Remaja Surabaya





Taman Remaja Surabaya.  (Deny Prastyo Utomo/detikcom)Foto: Taman Pemuda Surabaya. (Deny Prastyo Utomo/detikcom)

Surabaya Youth Park sempat menjadi kebanggaan warga Surabaya. Pengunjung dapat menikmati 20 wahana di sana. Taman hiburan yang didirikan pada tahun 1971 itu kini ditutup oleh pemerintah kota setempat karena kerjasama dengan operator telah berakhir.

Keberadaan Taman Pemuda Surabaya sebenarnya sudah berakhir sejak tahun 2018. Namun, menurut warga setempat, mereka masih menikmati mendengar suara keramaian dan suara musik dari TRS di malam hari, yang seolah hidup kembali.

4. Taman Air Fantasi Depok





Kendaraan melintas di depan kawasan perumahan di GDC, Depok, Jawa Barat, Selasa (8/10).  Taman hiburan air ini, sebelumnya Aladin Waterpark, gulung tikar dan menggantikan pembangunan cluster baru.  Efek pandemi telah memukul pemain ekonomi taman hiburan dan waterboom dengan sangat keras.  Sektor ini memang sangat dekat dengan keramaian dan tidak menjaga social distancing.  Tempat wisata yang menghadirkan nuansa Timur Tengah telah mengubah cara rumah dibangun.  Depok Fantasy Waterpark merupakan pelopor taman rekreasi air di kota Depok.  Demikian pernyataan resmi di halaman Facebook Grup SMR 2019 selaku pengelola.  Destinasi ini didirikan pada tanggal 8 Agustus 2008 dengan berbagai atraksi mulai dari perosotan besar, perosotan anak, ember susah dan lain-lain.  Menurut salah satu pedagang yang berjualan di depan kawasan tersebut, pembangunan rumah ini baru dilakukan beberapa bulan lalu. Foto: Pembangunan perumahan yang dulunya merupakan game center Aladin Waterpark. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Depok Fantasi Waterpark atau yang juga dikenal dengan Aladin Waterpark dikabarkan ditutup setelah tersandung akibat pandemi. Perintis taman rekreasi air di Kota Depok, Jawa Barat ini bahkan sudah rata dengan tanah untuk dijadikan pemukiman masyarakat.

Bahkan, sebelum ditutup, Aladin Waterpark yang berdiri sejak 2008, selalu ramai dikunjungi pengunjung, terutama anak-anak. Taman air yang sangat besar ini memiliki nuansa Timur Tengah dan memiliki berbagai macam wahana mulai dari seluncuran air yang tinggi, air mancur, ember tumpah, dan lain-lain.

5. Taman Festival Bali

Dulu, Taman Festival Bali ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara, kini tempat rekreasi ini lebih sering dijadikan sebagai spot foto tempat-tempat sepi. Tanaman merambat, semak belukar, dan grafiti yang memenuhi tempat itu memberikan nuansa yang menakutkan sekaligus eksotis.

Tidak jauh dari Pantai Sanur di Bali, tempat ini konon pernah menjadi taman festival yang populer saat itu. Namun karena krisis, Festival Taman harus ditutup pada 1999, meski baru dibuka selama dua tahun.

Menariknya, setelah ditinggalkan, Bali Festival Park justru menjadi tempat wisata horor karena suasananya yang mencekam. Bahkan, pengunjung yang ingin melakukan wisata horor di sini akan dikenakan biaya masuk sebesar 10.000 rupee.

[Gambas:Video CNBC]

(hsy/hsy)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button