6 tempat menikmati seni di Jogja yang wajib kamu tahu! - WisataHits
Yogyakarta

6 tempat menikmati seni di Jogja yang wajib kamu tahu!

Tidak 4 harus datang!

Liburan di Jogja bukan hanya sekedar mengunjungi tempat wisata alam dan belanja lho. Masih ada wisata seni dan budaya yang bisa dinikmati di sini.

Jogja tidak hanya menawarkan keindahan alamnya tetapi juga banyak museum yang bisa Anda kunjungi untuk melihat seni. Berikut 6 tempat di mana kamu bisa menikmati seni di Jogja.

1. Museum Museum Affandi

6 tempat menikmati seni di Jogja yang wajib kamu tahu!Pameran “Potret Malam Affandi” dalam rangka memperingati hari jadi ke-32 master lukis di Museum Affandi. (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Museum Affandi disebut sebagai kapsul alam semesta Affandi. Selain pameran karya-karya grand master seni lukis Indonesia, banyak peninggalan dari kehidupannya juga bisa dilihat di sini.

Museum Affandi terletak di nomor 167 Jalan Laksda Adisucipto Yogyakarta. Bangunan museum terdiri dari empat galeri, dua studio dan rumah Affandi dan keluarganya.

Di atas lahan seluas 3.500 m2, museum ini juga menyimpan karya-karya pelukis Indonesia lainnya. Saat berada disini kamu akan merasakan suasana yang berbeda dan wajib banget kamu singgahi jika sedang berlibur di Jogja.

Festival Kesenian Yogyakarta ke-2

6 tempat menikmati seni di Jogja yang wajib kamu tahu!Sejarah Kesenian Ketoprak di Jogja (commons.m.wikimedia.org)

acara FKY merupakan program seni budaya tahunan di Jogja. Biasanya diadakan pada bulan Juni dan Juli bersamaan dengan liburan sekolah. Digagas oleh Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dalam format hiburan keluarga dan atraksi budaya.

Acara FKY mengusung tema yang berbeda setiap tahunnya sesuai dengan perubahan kehidupan dan selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Jangan lewatkan acara yang menampilkan seni dan budaya ini.

3. Keraton Yogyakarta

6 tempat menikmati seni di Jogja yang wajib kamu tahu!www.tjokrostyle.com

Keraton seperti museum hidup yang menceritakan tentang budaya Jawa dan kehidupan kerajaan di Jogja. Mengunjungi Keraton akan memberi Anda perspektif yang berbeda karena cara hidup yang sedikit berbeda dari rata-rata orang.

Keraton bukan hanya tempat tinggal raja dan keluarganya, tetapi juga penjaga cahaya budaya Jawa. Meski tidak semuanya terbuka untuk umum, pengunjung tetap bisa merasakan dan melihat langsung bagaimana budaya dan tradisi masih hidup dalam kehidupan modern ini.

Baca Juga: 14 Tokoh Boneka Kapi Kapi di Keraton Yogyakarta, Ayo Hubungi!

4. Sendratari Ramayana Prambanan

6 tempat menikmati seni di Jogja yang wajib kamu tahu!visitramayana.com

Menonton cerita Ramayana akan sangat berkesan jika dilakukan di kompleks candi Prambanan. Dengan pintu masuk yang artistik, pertunjukan ini menyuguhkan tarian, musik, dan akting para penari.

Ditampilkan di panggung terbuka dan permainan lampu yang mempesona mengundang Anda untuk menikmati balet dengan tarian dan musik gamelan Jawa. Pertunjukan ini jangan sampai terlewatkan, ya.

5. Museum Sonobudoyo

6 tempat menikmati seni di Jogja yang wajib kamu tahu!Pertunjukan Wayang di Museum Sonobudoyo (instagram.com/sonobudoyo)

Tertarik melihat koleksi budaya dan sejarah Jawa? Datang saja ke Museum Sonobudoyo yang terletak di Jalan Trikora dan Ndalem Condrokiranan, sebelah timur Alun-alun Utara.

Ada 1200 koleksi gerabah, patung perunggu, topeng, keris, dan patung bayangan dari seluruh nusantara. Selain itu, ada juga pertunjukan wayang kulit dalam bahasa Jawa dan diiringi gamelan. Berkunjung ke sini dijamin tidak akan terlupakan jika Anda menyukai wisata seni.

6. Rumah Seni Cemeti

6 tempat menikmati seni di Jogja yang wajib kamu tahu!Cemeti – Institut Seni dan Masyarakat berdiri sejak 1988 (cemeti.art)

Rumah Seni Cemeti tidak hanya menyelenggarakan pameran seni rupa, tetapi juga menjadi wadah karya seni kontemporer. Cemeti juga menyelenggarakan program residensi reguler bagi seniman muda yang ingin berkolaborasi dengan komunitas dan seniman lain dari Asia dan Eropa.

Di sini Anda juga bisa mencari karya seni kontemporer yang mungkin menarik selera anak muda. Jangan lupa mampir untuk menikmati seni yang berbeda di sini.

Baca Juga: 5 Motif Tie-Dye Jogja dan Filosofinya, Beberapa Melambangkan Kesuburan!

Ini adalah tempat-tempat berbeda yang dapat Anda kunjungi untuk menikmati seni di Jogja. Kemana Saja Kamu?

Source: jogja.idntimes.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button