Mengapa Sinterklas memakai warna merah? Ini asalnya: Okezone Travel - WisataHits
Yogyakarta

Mengapa Sinterklas memakai warna merah? Ini asalnya: Okezone Travel

TANAH Mengapa Sinterklas memakai baju merah menjadi perdebatan yang menarik. Desember adalah bulan di mana banyak ornamen Natal dihias di berbagai tempat.

Selain dekorasi khas Natal, Sinterklas kerap menarik perhatian. Tokoh ini digambarkan sebagai seorang lelaki tua berjanggut putih dan berkemeja merah yang sering membagikan hadiah Natal kepada anak-anak yang berperilaku baik.

Ketika Sinterklas muncul, banyak yang bertanya-tanya mengapa dia mengenakan baju merah. Rupanya itu sebabnya Sinterklas memakai baju merah.

BACA JUGA:Fakta Menarik Gua Maria Tritis, Wisata Rohani di Gunung Kidul

Karakter asli Sinterklas masih diperdebatkan dari waktu ke waktu. Tapi Sinterklas adalah salah satu karakter yang paling dinantikan untuk anak-anak saat Natal. Sinterklas tidak hanya populer di Amerika, tetapi juga menyebar ke negara lain yang mayoritas penduduknya merayakan Natal.

Sesuai BBCRabu (21/12/2022), salah satu cerita tentang Sinterklas berasal dari seorang uskup Yunani abad ke-4 bernama Santo Nikolas.

Dulu, Santo Nikolas sering memberikan hadiah kepada orang miskin, terutama anak-anak yang mengenakan jubah hijau. Tapi lama kelamaan dia memakai warna merah.

BACA JUGA:5 wisata rohani di NTT yang cocok untuk merayakan Natal 2022

Tokoh Santo Nikolas menjadi sosok dongeng legendaris bagi bangsa Inggris dan mendapat julukan “Father Christmas” atau Sinterklas.

Alasan penggunaan warna merah tidak jelas, tetapi salah satu sumber mengatakan bahwa dalam agama Kristen, warna merah adalah simbol keselamatan, pengorbanan, kehidupan, kematian, dan daging, yang melambangkan kehidupan Yesus.

Ikuti Berita Okezone di Berita Google

Jika melihat dari laman The Guardian, penggambaran warna merah pada pakaian Sinterklas dimulai pada tahun 1870-an.

Pada saat itu, seorang kartunis Amerika bernama Thomas Nast menggambarkan Sinterklas dengan jas dan topi merah, lapisan bulu putih, dan ikat pinggang hitam.

Beberapa orang berpendapat bahwa penggambaran Nast terinspirasi dari karakter asli Santo Nikolas.

ilustrasi

Karakter Sinterklas berkaos merah ini mulai populer setelah sejumlah produk menggunakan karakternya sebagai model iklan. Faktanya, Sinterklas bahkan muncul dalam iklan minuman bersoda pada tahun 1930-an.

Inilah mengapa Sinterklas memakai baju merah.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button