Membangun jamban sehat di Tegal dan wisata hijau di Lampung - WisataHits
Jawa Tengah

Membangun jamban sehat di Tegal dan wisata hijau di Lampung

RADARSOLO.ID-PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) beserta karyawannya terus memberikan kontribusi kepada masyarakat di berbagai daerah. Pada awal November 2022, aksi sosial akan menyasar mereka yang tinggal di daerah pegunungan di Tegal Selatan dan Kota Bandar Lampung.

Aksi sosial ini bermula dari keinginan kuat karyawan Solusi Bisnis XL Axiata untuk berkontribusi meningkatkan kualitas hidup masyarakat di desa-desa terpencil di mana layanan dan jaringan XL Axiata menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari.

Di Kabupaten Tegal, tepatnya di Desa Guci, Kecamatan Bumijawa, tim XL Axiata Business Solutions bersama Majelis Taklim (MTXL) XL Axiata membangun fasilitas jamban sehat. Peralatan dasar yang dibangun sesuai standar kesehatan ini dirancang untuk melengkapi kebutuhan PAUD Taman Hati Tirto Aji.

Selama ini sekolah PAUD tersebut belum memiliki fasilitas MCK yang memadai. Dana pengembangan berasal dari kolektif karyawan XL Axiata Business Solutions. Pada kesempatan tersebut, MTXL Axiata juga menyalurkan dana Zakat kepada anak yatim dan dhuafa.

Melalui upaya sosial ini, karyawan XL Axiata memberikan bantuan pendidikan berupa seperangkat laptop, modem, dan alat tulis untuk PAUD yang sama. Ada pula santunan bagi 19 siswa miskin dan tiga guru yang tergolong kurang mampu.

Bantuan diberikan pada Jumat (11/11/2022) oleh Chief Enterprise & SME Officer XL Axiata Feby Sallyanto.

“Memiliki MCK yang layak cukup mendesak dalam proses kegiatan belajar mengajar. Sementara itu, keadaan ekonomi sebagian besar masyarakat sekitar, terutama orang tua dan tenaga pengajar, juga tidak mencukupi untuk pengadaan fasilitas MCK secara mandiri. Kebetulan XL Axiata Business Solutions sedang aktif di Guci. Ini merupakan dorongan yang baik bagi kita semua untuk melakukan bakti sosial ini. Kami berharap bantuan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar,” ujar Feby Sallyanto.

Sementara itu, Pengelola PAUD Taman Hati Tirto Aji Nurul Khalifatun berterima kasih atas bantuan fasilitas MCK yang diberikan XL Axiata. “Sebelum bantuan ini, fasilitas toilet kami sangat terbatas. Kami juga tidak bisa memberikan fasilitas MCK yang memadai kepada siswa kami. Padahal, anak-anak ini perlu diajari sejak dini pentingnya meningkatkan kualitas hidup mereka melalui penggunaan MCK yang baik dan benar,” ujarnya.

Program Wisata Hijau di Lampung

Di Kota Bandar Lampung, karyawan dan MTXL bekerjasama dengan Lembaga Amil Zakat Nasional Lampung (Laznas IZI) meluncurkan program Green City Tourism “Green Me” pada Sabtu (12/11/2022). Program ini merupakan upaya untuk memperkuat pemerintahan bersama masyarakat. Berupa kawasan wisata rekreasi dan edukasi berbasis agrowisata di Desa Labuhan Ratu Kecamatan Kedaton Kota Bandar Lampung Lampung.

Program ini melibatkan warga kurang mampu untuk berpartisipasi langsung dalam pengelolaan, budidaya dan perawatan budidaya sayuran, buah dan ikan. Hadir dalam acara peluncuran tersebut Ketua Majelis Taklim XL Axiata Yanuar Tirta Kumaya dan Direktur Pendayagunaan IZI Center Aan Suherlan.

“Program City Green Tourism menggunakan dana Zakat yang dihimpun oleh karyawan XL Axiata untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. XL Axiata berkomitmen untuk semakin meningkatkan kontribusinya kepada masyarakat melalui program CSR yang berkelanjutan. Kami berharap “Melalui program ini, kami dapat berkontribusi dalam membangun perekonomian upaya perbaikan masyarakat di Desa Labuhan Ratu, Kecamatan Kedaton. Program ini juga dapat menjadi bagian dari upaya mendukung ketahanan pangan di Kota Bandar Lampung,” ujar Yanuar.

Didirikan pada 23 Oktober 2022, program “GreenMe” menggunakan lahan seluas sekitar 500 meter persegi yang disewakan. Situs ini juga telah dikembangkan menjadi tujuan wisata edukasi tanaman sayur, buah dan ikan.

Sayur mayur, buah-buahan dan ikan yang dihasilkan baik dijual kepada sasaran pengunjung, masyarakat umum maupun untuk kebutuhan industri kecil dan menengah. Sekitar enam orang saat ini bekerja di lokasi tersebut.

Program serupa juga dilaksanakan di tiga kota lain, yakni Jogjakarta, Balikpapan, dan Palu. (*/wa)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button