Malaysia menggeser Australia sebagai penyumbang kunjungan wisman terbanyak ke Indonesia - WisataHits
Jawa Tengah

Malaysia menggeser Australia sebagai penyumbang kunjungan wisman terbanyak ke Indonesia

Liputan6.com, Jakarta – Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan Australia tidak lagi menduduki peringkat pertama sebagai negara penyumbang kunjungan turis asing terbanyak ke Indonesia. Posisinya saat ini sudah disalip oleh wisatawan Malaysia di nomor satu.

“Awalnya Australia nomor satu, sekarang Malaysia nomor satu. Apalagi hanya Australia, Singapura nomor tiga, Timor Leste yang maju ke nomor dua. Lima besardan India kelima,” kata Menparekraf dalam sambutannya di acara syukuran KTT G20 tim media pada Selasa malam, 6 Desember 2022.

Dalam keterangan tertulisnya, Sandi menyebut jumlah kunjungan wisman ke Indonesia mencapai 3,92 juta per Oktober 2022. Jumlah ini melampaui target kunjungan wisman ke Indonesia pada 2022 yang diperkirakan mencapai 1,8-3,6 juta kunjungan.

“Jika momentum ini terus kita tingkatkan, maka akan mampu menembus lebih dari lima juta kunjungan wisman,” lanjut Sandiaga.

Okupansi kamar hotel juga berhasil melampaui 50 persen. Ia mengklaim keberhasilan ini mencerminkan kepercayaan wisatawan mancanegara yang semakin meningkat terhadap pariwisata Indonesia.

Sandi optimistis, jika momentum ini bisa dimaksimalkan, tidak hanya target kunjungan wisman tahun ini yang melampaui target, tapi juga target kunjungan wisman tahun depan bisa tercapai. Pemerintah menargetkan antara 3,6 juta hingga 7,2 juta kunjungan wisman pada 2023.

“Kami yakin juga bisa mengatasi resesi yang akan datang,” kata Sandiaga.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button