Malam pergantian tahun di Simpang Lima Gumul Kediri, pesta kembang api ditiadakan - WisataHits
Jawa Timur

Malam pergantian tahun di Simpang Lima Gumul Kediri, pesta kembang api ditiadakan

SURYA.CO.ID, KEDIRI – Pesta kembang api menjadi momen yang paling ditunggu saat merayakan malam tahun baru di Simpang Lima Gumul (SLG) Kediri.

Selama dua tahun terakhir, pesta kembang api di Simpang Lima Gumul dibatalkan akibat pandemi Covid-19. Area peringatan SLG juga ditutup untuk wisatawan.

Tahun ini, kawasan memorial yang menjadi ikon kebanggaan masyarakat Kediri ini dibuka kembali.

Masyarakat dan wisatawan dari berbagai daerah mulai menikmati keindahan kawasan wisata yang menyerupai Arc de Triomphe de l’Étoile di Paris, Prancis ini.

Sayangnya, meski terbuka untuk dikunjungi, pesta kembang api di Simpang Lima Gumul akan dibatalkan pada malam tahun baru 2023.

Hal itu disampaikan langsung oleh Adi Suwignyo, Pj Sekda Kabupaten Kediri. Menurutnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri tidak akan menggelar pesta kembang api di Simpang Lima Gumul (SLG) pada malam tahun baru 2023.

“Memasuki tahun baru ini pun Pemkab Kediri tidak menggelar pesta kembang api di Simpang Lima Gumul. Alasannya, banyak hal yang harus diperhatikan,” ujar Wignyo, Sabtu (31/12/2022).

Dijelaskannya, beberapa alasan tidak diadakannya pesta kembang api di Simpang Lima Gumul karena saat itu merupakan masa berkabung bagi sebagian masyarakat.

Bencana alam seperti gempa bumi dan banjir yang melanda beberapa wilayah Indonesia membuat masa berkabung sangat terasa di penghujung tahun ini. Belum lagi bencana lain di berbagai daerah juga menjadi pertimbangan tersendiri.

“Pertimbangan kami juga karena menurut prakiraan cuaca dari BMKG pada malam pergantian tahun, ada kemungkinan wilayah Kediri akan diguyur hujan lebat. Demi keamanan akhirnya kami memutuskan untuk membatalkan pesta kembang api di Simpang Lima Gumul. ” jelasnya.

Atas batalnya pesta kembang api di Simpang Lima Gumul itu, Wignyo dan jajaran Pemko Kediri meminta maaf kepada masyarakat, khususnya warga Kediri.

“Kami mohon maaf karena kami menjanjikan kembang api pada perayaan Tahun Baru Simpang Lima Gumul, tetapi kami tidak dapat mengadakannya tahun ini. Kondisi memungkinkan, kami berencana menggelar pesta kembang api untuk memperingati hari jadi pemerintahan Kediri sekitar Maret 2023,” pungkasnya. .

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button