Makan seafood di pantai Pulangsawal, berapa harganya? - WisataHits
Yogyakarta

Makan seafood di pantai Pulangsawal, berapa harganya?

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL — Jalan Lintas Selatan (JJLS) di sepanjang pantai selatan Jawa, termasuk di Gunungkidul. Saat Anda berkendara melewati kawasan Tepus, luangkan waktu untuk berhenti di pantai dan makan makanan laut sambil menikmati pemandangan pantai selatan yang indah.

Tim Eksplorasi Jalur Pansela “Membangun Perekonomian Pantai Selatan Jawa” tiba di kawasan Tepus Gunungkidul pada Jumat (22.7.2022). Pada jalur Planjan-Tepus terdapat ruas JJLS yang belum dibuka karena masih dalam tahap pembangunan.

Saat ini pengendara di jalur ini harus melewati kawasan wisata pantai. Untuk memasuki kawasan ini, pengendara harus membayar tiket masuk pantai sebesar Rp 10.000 per orang. Dengan tiket ini, wisatawan dapat mengakses sejumlah pantai antara lain Pantai Baron, Kukup, Through, Watukodok, Sanglen, Drini, Krakal, Sarangan, Slili, Sadranan, Ngandong, Sundak, Somandeng, Pulangsawal, Pok Tunggal dan Seruni.

Saat Anda tiba di Pantai Pulangsawal, jalan yang Anda lintasi berada di tepi pantai. Dari jalan Anda bisa melihat pasir putih di sisi kanan jalan. Ada banyak warung makan bagi wisatawan di pantai. Tim eksplorasi juga menyempatkan diri untuk singgah di sebuah stand makanan yang menawarkan sebuah paviliun untuk bersantap yang menghadap ke pantai.

Warung Makan Indrayanti, persinggahan tim eksplorasi, menawarkan paviliun non-permanen di atas pasir putih dengan meja dan kursi untuk bersantap. Restoran ini menawarkan pilihan olahan seafood.

Setelah memesan, pengunjung bisa menikmati pemandangan pantai yang dihempas ombak South Beach sembari menunggu makanan disiapkan. Wisatawan juga bisa bermain pasir atau saling kejar-kejaran ombak.

Tidak perlu menunggu lama, makanan sudah disajikan. Menikmati olahan seafood di atas pasir putih sambil memandangi deburan ombak menjadi pengalaman yang mengasyikkan.

Ada berbagai menu untuk dipilih. Soal harga jangan khawatir, stand makanan ini mengutip harga saat Anda memesan menu. Harganya juga terjangkau, seperti tuna Rp 68.000, bawal Rp 19.000 per ons, kerang Rp 38 per porsi, gurita Rp 56.000 per porsi, udang Rp 68.000 per porsi dan lobster Rp 90.000 per ons. Masakan yang bisa dipilih yaitu goreng, asam manis, bakar, rebus, saus padang dan lain-lain. Ada juga menu sambal seafood seharga Rp 22.000-28.000.

Untuk lauk pauknya, nasi seharga Rp 5.000 per porsi atau Rp 25.000 per ceting, ca kangkung Rp 18.000 dan nasi goreng, nasi ikan fillet, nasi ayam dan nasi kerang penyet seharga Rp 22.000-27.000, bahkan ada yang solat Rp 15.000 per porsi. Kalau ada 5 orang ada paket Rp260.000 dengan Nasi Ceting, Ikan Gurami Asam Manis, Kerang Saus Padang, Kerang Lombok Ijo, Mendoan, Ca Kangkung dan minuman teh.

Perut kenyang, hati senang. Usai makan siang, Tim Eksplorasi Pansela kemudian melanjutkan ekspedisi ini ke arah timur yaitu masuk ke ruas Tepus-Jerukwudel.

Liputan ini merupakan bagian dari Program Eksplorasi Jalur Pansela: Membangun Perekonomian Pesisir Selatan Jawa yang dilakukan oleh Harian Jogja bekerjasama dengan Pertamina Patra Niaga dan Bank BPD DIY.

Dalam program ini, Tim Harian Jogja menjelajahi dan merekam setiap bagian pantai selatan Jawa mulai dari Kebumen, Purworejo, Kulonprogo, Bantul, Gunungkidul hingga Wonogiri. Jelajah Pansela dimulai pada Selasa (19/7/2022) dan berakhir pada Jumat (22/7/2022) di Wonogiri.

Source: jogjapolitan.harianjogja.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button