Libur akhir tahun dimulai, wisata di kota Batu diserbu pengunjung - WisataHits
Jawa Tengah

Libur akhir tahun dimulai, wisata di kota Batu diserbu pengunjung

STEIN, KOMPAS.com – Tempat wisata di Kota Batu mulai dipadati pengunjung yang berlibur di Nataru saat libur akhir tahun Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 atau pada Sabtu (24/12/2022).

Beberapa tempat wisata di Kota Batu yang sedikit demi sedikit ramai pengunjung adalah Jatim Park 3, Jatim Park 2, Jatim Park 1 dan Museum Angkut.

Titi S. Ariyanto, Marketing Manager dan Humas Jawa Timur Park (JTP) Group, mengatakan kunjungan wisatawan Jatim Park 3 saat liburan akhir tahun, terutama di akhir pekan, bisa mencapai 5.000 pengunjung setiap harinya.

Baca Juga: Hotel di Kota Batu Bakal Kebanjiran Reservasi Sebelum Nataru

Selain itu, kunjungan ke wisata lain yakni Jatim Park 1, Jatim Park 2 dan Museum Angkut bisa mencapai 2.000 hingga 3.000 setiap harinya. Situasi ini kira-kira meningkat dua kali lipat dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.

“Diperkirakan akan meningkat atau berlangsung hingga 31 Desember 2022. Kami masih jauh dari angka ini dibandingkan bulan lalu. Karena bulan desember ini ada libur ujian sementara dan tanggal merah gitu Insya’Allah meningkat,” kata Titi, Sabtu (24/12/2022).

Kota Batu ramai dikunjungi wisatawan dari luar Jawa Timur hingga luar Jawa

Menurut pengamatannya, pengunjung utamanya berasal dari luar daerah di luar Jawa, seperti Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Bali.

“Pengamatan saya, pada libur akhir tahun ini juga banyak plat nomor yang berasal dari luar Jawa, seperti Bali dan luar Jawa lainnya. Tapi kebanyakan dari daerah Jawa seperti Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat,” ujarnya.

Baca Juga: Kalender Wisata Kota Batu 2023, Ada Festival Paralayang Internasional

Menurutnya, peningkatan pengunjung tersebut karena masyarakat sudah mendambakan untuk bersantai saat berwisata.

Dua turis berfoto di area wahana Secret Journey, Jawa Timur Park 3, Sabtu (24/12/2022). KOMPAS.com/Nugraha Perdana Dua wisatawan berfoto di area wahana Secret Journey, Jawa Timur Park 3, Sabtu (24/12/2022).

Untuk mencegah membludaknya jumlah pengunjung, Titi yakin wisatawan sadar menjaga diri dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Wisatawan di Indonesia sudah kangen berwisata, sehingga mereka perlu melindungi diri. Seperti sebelum masuk, mereka harus memakai masker,” katanya.

Baca juga: Taman Rekreasi Selecta Kota Batu: Jam Buka, Tiket, Aktivitas

Senada dengan itu, Direktur Utama Taman Rekreasi Selecta Sujud Hariadi mengatakan saat ini jumlah wisatawan yang berkunjung ke Selecta semakin meningkat. Kondisi ini diprakirakan stabil bahkan mungkin meningkat pada esok hari, Minggu (25/12/2022) dan Sabtu (31/12/2022).

“Tanggal 24, 25 tinggi, tanggal 31 Desember bisa 70 sampai 80 persen, jadi kalau sehari sebelum tahun baru habis natal kemarin,” ujarnya.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button