Menjelang libur akhir tahun, pemesanan hotel di Kota Batu tak pernah meningkat - WisataHits
Jawa Timur

Menjelang libur akhir tahun, pemesanan hotel di Kota Batu tak pernah meningkat

Halo Malang- Tingkat pemesanan atau reservasi kamar hotel di Kota Batu, Jawa Timur tidak pernah meningkat jelang liburan akhir tahun.

Berdasarkan catatan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Batu, tingkat pemesanan kamar periode Desember 2022 masih di bawah 30 persen.

“Untuk bulan Desember pemesanan kamar masih belum mencapai 30 persen. Masih di bawah itu,” kata Ketua PHRI Kota Batu Sujud Hariadi saat dihubungi, Senin, 14 November 2022.

Sujud menjelaskan kondisi ini berbeda dengan periode yang sama sebelum pandemi Covid-19. Selama periode tersebut, tarif pemesanan kamar hotel di Kota Batu sebelumnya mengalami peningkatan.

“Sebelum pandemi, biasanya ramai. Pemesanan kamar hotel sudah mencapai 40 hingga 50 persen untuk Desember,” tambahnya.

Diakui Sujud, situasi ini kemungkinan akan terjadi pada 2023 karena adanya informasi ancaman resesi global. Informasi ini sedikit banyak mempengaruhi kunjungan wisatawan ke Kota Batu saat liburan akhir tahun.

“Informasi terkait resesi akan berdampak pada tingkat hunian hotel akhir tahun ini. Krisis global tampaknya berdampak,” katanya.

Di sisi lain, tingkat hunian rata-rata kamar hotel di Kota Batu berkisar antara 20 hingga 30 persen pada hari-hari biasa. Di akhir pekan, okupansi meningkat atau lebih dari 60 persen.

“Sebenarnya sangat bagus, tapi belum pulih sepenuhnya. Di akhir tahun masih terlihat di awal hingga pertengahan Desember,” jelasnya.

FYI: Kota Batu merupakan daerah beriklim sejuk di Jawa Timur yang dikenal sebagai gudangnya tempat wisata. Kota Batu menawarkan berbagai macam tempat wisata menarik mulai dari potensi alamnya yang indah hingga berbagai tempat wisata buatan yang semarak.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button