6 Lembah di Jawa Timur Yang Cocok Untuk Liburan - WisataHits
Jawa Timur

6 Lembah di Jawa Timur Yang Cocok Untuk Liburan

Surabaya

Daerah dataran tinggi selalu menarik untuk berwisata. Selain udaranya yang sejuk, dataran tinggi juga dikenal dengan panorama pegunungan yang indah.

Salah satu tempat wisata alam di dataran tinggi adalah lembah. Yaitu dataran yang dikelilingi pegunungan atau perbukitan dengan panorama yang tak kalah mengesankan.

Hampir semua provinsi di Indonesia memiliki lembah. Seperti di Jawa Timur yang memiliki 6 lembah indah dan bisa dijadikan pilihan untuk berwisata di akhir pekan.

Apa saja lembah di Jawa Timur? Simak ulasan berikut ini.

6 lembah di Jawa Timur

1. Lembah Dieng, Pasuruan

Lembah Dieng PasuruanLembah Dieng Pasuruan Foto: Spesial/ Risalah wonkawak

Lembah Dieng terletak di Dusun Dieng, Desa Jeruk Purut, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan. Diengtal, bekas area pertambangan, menjadi viral di media sosial karena keindahannya.

Saat viral, banyak orang yang penasaran dan akhirnya mampir ke Lembah Dieng untuk melihat keindahan rerumputan yang hijau. Di sekelilingnya terdapat beberapa kolam mirip lembah dengan kedalaman mulai dari 10 hingga 30 meter.

Jika ingin melihat keindahannya, cukup bayar parkir saja. Apa yang kamu tunggu? Mari mampir ke Lembah Dieng untuk berfoto.

2. Lembah Lengkehan

Lembah LengkehanLembah Lengkehan Foto: Istimewa/adrinpunyablog.com

Masih di Kabupaten Pasuruan, ada Lembah Lengkehan yang berada di jalur menuju Gunung Arjuno-Welirang. Yaitu Lembah Lengkehan yang terletak di Raung Deres, Pecalukan, Prigen, Pasuruan.

Lembah Lengkehan sering dijadikan tempat berkemah karena panoramanya yang indah. Anda juga dapat menyaksikan matahari terbenam yang sempurna di sini.

3. Lembah Gunung Tumpeng

lembah gunung tumpengLembah Gunung Tumpeng Foto: Istimewa/Kemenparekraf

Lembah Gunung Tumpeng terletak di Desa Gerbo, Purwodadi, Pasuruan. Kawasan ini juga menjadi penyangga Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

Lembah ini juga terkenal dengan wisata edukasinya. Kelompok keluarga dapat mempelajari berbagai tanaman dan sawah sambil menikmati panorama yang menakjubkan dan kearifan lokal.

4. Lembah Rusa

lembah rusaValley of the Deer Foto: Backpacker spesial/anak-anak

Di Kabupaten Pasuruan juga terdapat Lembah Rusa yang terletak di Mager Sari, Pecalukan, Prigen. Tepat di kawasan Alas Lali Jiwo, jalur pendakian Gunung Welirang.

Lembah Rusa dihiasi dengan padang rumput hijau yang luas dan suasananya tenang. Oleh karena itu, Lembah Rusa sering dijadikan tempat peristirahatan.

5. Lembah Monyet

lembah monyetMonkey Valley Foto: Istimewa/ Dok. Desa Gampingan

Setelah Kabupaten Malang ada wisata Lembah Rusa yang terletak di Kawasan Hutan Jati, Gampingan, Pagak. Monkey Valley terkenal dengan wilayahnya yang sering dijadikan sebagai area pendakian.

Selain itu, Monkey Valley juga memiliki pemandangan rerumputan yang hijau. Anda juga tidak boleh melewatkannya.

6. Lembah Malang yang Indah

Lembah Malang yang indahLembah Indah Malang Foto: Nadya CL

Valley Indah Malang adalah tempat camping atau glamping yang glamor. Tentunya dengan akomodasi dan fasilitas yang lebih mewah dari camping biasa.

Wisata ini beroperasi di Kawasan Sawah/Taman, Balesari, Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang. Tepatnya di sekitar lereng Gunung Kawi. Ada banyak jenis glamping yang bisa Anda pilih untuk berlibur bersama keluarga di sini.

Demikian informasi tentang 6 lembah di Jawa Timur. Mari kita pergi berlibur, saudara!

Saksikan Lembah Harau, Cakar Bergaya dengan Tebing Indah, video Sumatera Barat
[Gambas:Video 20detik]
(hse/matahari)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button