Lewat Cemumuah, Transaksi QRIS di Jawa Tengah Capai Rp 389,5M - WisataHits
Jawa Tengah

Lewat Cemumuah, Transaksi QRIS di Jawa Tengah Capai Rp 389,5M

Semarang, IDN Times – Bank Indonesia (BI) terus mendorong transaksi digital di masyarakat dengan meluncurkan kanal pembayaran Cemumuah QRIS (Cepat, Mudah, Murah, Aman dan Terpercaya). Selama pelatihan dan peluncuran yang berlangsung, transaksi QRIS di Jawa Tengah mencapai Rp 389,5 miliar pada Agustus 2022.

1. Pengguna QRIS mencapai 2,7 juta akun

Menggeliat Cemumuah, Transaksi QRIS di Jateng Capai Rp389,5 Miliar Bank Indonesia Jawa Tengah berpartisipasi dalam Semarang Flower Festival 2022 pada Minggu (30/1022). (Dok.BI Jawa Tengah)

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah Rahmat Dwisaputra mengatakan transaksi melalui QRIS dapat dilakukan dengan: perbankan seluler dan dompet elektronik mana yang menunjukkan interoperabilitas.

“Sejauh ini jumlahnya” pedagang QRIS mencapai 2.238.462 merchant (83,27 persen) pada September 2022. Sedangkan volume transaksi QRIS pada Agustus 2022 sebanyak 4.909.854 transaksi (17,2 persen),” katanya dalam keterangan resmi di sela-sela Festival Bunga Semarang 2022, Senin (31/10/ 2022).

Kemudian, pada Agustus 2022, nominal transaksi QRIS mencapai Rp389,5 miliar (139,7 persen). Sedangkan pengguna QRIS mencapai 2.712.204 pengguna (258 persen) pada September 2022.

Baca Juga: 5 Fakta Festival Bunga Semarang, Wisata Baru dan Pertama di Jawa Tengah

2. BI menggalang donasi berhadiah kuliner Angkringan

Menggeliat Cemumuah, Transaksi QRIS di Jateng Capai Rp389,5 Miliar Bank Indonesia Jawa Tengah berpartisipasi dalam Semarang Flower Festival 2022 pada Minggu (30/1022). (Dok.BI Jawa Tengah)

Sementara itu, Bank Indonesia turut berpartisipasi dalam Semarang Flower Festival 2022 dengan menghadirkan wahana kuliner berhias bunga dengan tiga elemen, yakni kemegahan Gedung BI, Angkringan, dan alat pembayaran.

Angkringan dipilih karena merupakan kuliner yang populer dan sangat digemari oleh seluruh masyarakat Semarang. Melalui topik ini, BI juga memberikan edukasi tentang Rupiah sebagai mata uang yang sah di Indonesia, termasuk transaksi jajanan “angkringan”.

“Sebagai bentuk pemindaian pengalaman pengguna Kami mengajak QRIS, masyarakat dan penonton untuk berdonasi melalui scan QRIS yang dibawa dari parade sepanjang rute parade dan berkesempatan mendapatkan kuliner Angkringan,” ujar Rahmat.

3. Kampanye Cinta Bangga Mengerti Rupiah

Menggeliat Cemumuah, Transaksi QRIS di Jateng Capai Rp389,5 Miliar Bank Indonesia Jawa Tengah berpartisipasi dalam Semarang Flower Festival 2022 pada Minggu (30/1022). (Dok.BI Jawa Tengah)

Secara tunai, BI memperkenalkan mata uang rupiah edisi 2022 dalam bentuk uang kertas tujuh dengan desain dan warna yang lebih indah, bahan yang lebih tahan lama dan lebih aman dari pemalsuan. Selain itu, BI juga mencanangkan Edukasi Cinta Bangga Paham Rupiah (CBP Rupiah) untuk meningkatkan edukasi masyarakat terhadap rupiah, selalu memperlakukan uang rupiah dengan baik, menggunakan rupiah untuk setiap transaksi dan menggunakan uang rupiah dengan bijak dalam membelanjakan uang untuk mewujudkan NKRI yang berdaulat.

Rahmat menambahkan, pihaknya berharap program edukasi Cinta Bangga Paham Rupiah (Rupiah CBP) dapat dibawa ke seluruh masyarakat Jawa Tengah melalui Festival Bunga Semarang 2022.

“Jadi kegiatan ini mendorong sikap positif terhadap rupiah dengan rasa cinta yang besar diimbangi dengan perilaku bangga dan pemahaman yang lebih mendalam tentang rupiah. Selain itu, penggunaan transaksi nontunai diharapkan dapat meningkat seiring dengan pemahaman masyarakat tentang interoperabilitas QRIS,” ujarnya.

Baca Juga: 6 Strategi Bank Indonesia Jawa Tengah Kembangkan Halal Value Chain

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button