Lampion cantik Imlek mulai menghiasi Pasar Gede, total 5.000 lampion akan dipamerkan di tahun 2023 - WisataHits
Jawa Tengah

Lampion cantik Imlek mulai menghiasi Pasar Gede, total 5.000 lampion akan dipamerkan di tahun 2023

lentera
Ratusan lampion Imlek dipasang di Jalan Urip Sumoharjo kawasan Pasar Gede Solo pada Jumat (16/12/2022) | MettaNEWS / Adinda Wardani

SOLO, MettaNEWS – Panitia Imlek 2023 memasang ratusan lampion di Jembatan Kali Pepe hingga kawasan Pasar Gede, Jalan Urip Sumoharjo, Sudiroprajan, Solo pada pertengahan Desember 2022.

Ratusan lampion warna-warni dibagi menjadi dua bagian. Yakni lampion berwarna hijau, kuning dan merah di Jembatan Kali Pepe. Sedangkan lampion merah di depan Pasar Gede setelah Tugu Jam.

lenteraRatusan lampion Imlek dipasang di kawasan Pasar Gede Solo pada Jumat (16/12/2022) | MettaNEWS / Adinda Wardani

Ketua Panitia Imlek Sumartono Hadinoto mengatakan, total 5.000 lampion akan dipasang untuk perayaan Imlek 2023.

“Saat ini lampion yang terpasang kurang dari seribu. Lentera Imlek bulan ini sudah mulai mengikuti perkembangan zaman, namun untuk semua lampion Imlek, kita tunggu dulu lampion natal tiba di penghujung tahun,” ujar pria yang akrab disapa Martono itu. ujar melalui telepon, Jumat (16/12). .2022).

Penerangan lampion ini biasanya berlangsung hingga Grebeg Sudiro. Grebeg Sudiro merupakan simbol akulturasi tradisi Jawa dan Tionghoa di kota Solo, menyatu dalam suasana kehangatan dan toleransi. Sebelum tahun 2007, perayaan serupa diadakan pada masa pemerintahan Kanjeng Susuhunan Pakubuwono X (1893-1939).

lenteraRatusan lampion Imlek dipasang di Jembatan Kali Pepe Solo pada Jumat (16/12/2022) | MettaNEWS / Adinda Wardani

Menurut pantauan MettaNEWS, lokasi Pasar Gede justru lebih indah di malam hari. Ribuan lampion Tahun Baru Imlek berkontribusi pada cahaya area ini, yang populer di kalangan wisatawan.

Dengan 5.000 lampion yang menyala di area tersebut, pastinya akan menambah semarak suasana. Ribuan lampion ini pasti akan menjadi kesempatan berfoto dan juga tempat wisata yang populer bagi pengunjung dari luar daerah.

Selain itu, saat ini para penjual mainan barongsai juga mulai menjajakan dagangannya di sekitar Pasar Gede. Mereka mulai menjual mainan barongsai dari kecil hingga besar. Keberadaan mainan ini juga unik di setiap perayaan Imlek.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button