Kunjungi Wisata Tanaman Hias Anggrek dan Syngonium di Pasar Tanaman Jakarta - WisataHits
Jawa Tengah

Kunjungi Wisata Tanaman Hias Anggrek dan Syngonium di Pasar Tanaman Jakarta

JAKARTA, iNews.id – Banyak pecinta tanaman hias mencari tanaman eksotis dengan berbagai corak dan warna yang indah. Selain sebagai hobi, juga menjadi daya tarik wisata alam.

Hal ini terlihat dari antusiasme para peminat tanaman hias pada acara Pasar Tanaman Jakarta (JPM). Ratusan pengunjung memadati acara ini setiap hari.

Acara ini diikuti oleh puluhan peserta yang menampilkan lomba tanaman anggrek dan syngonium. Anggrek dibagi menjadi dua kelas, ada kelas spesies dan hibrida, ada tiga pemenang kelas spesies, kelas hibrida, tiga pemenang, tetapi ada yang terbaik dari yang terbaik di antara anggrek, kata ketua panitia Andri Satriawan mengutip pernyataannya di Senin (1/8/2022).

Tanaman syngonium dibagi menjadi satu kelas dan ada lima pemenang. Setiap hari panitia membagikan 10 kejutan untuk para peserta lomba tanaman. “Kemarin jam sepuluh, hari ini jam sepuluh dan akhir acara jam sepuluh,” katanya.

Andri mengatakan pengunjung tidak dipungut biaya. Sedangkan peserta lomba tanaman akan dikenakan biaya sebesar Rp 200.000. “Karena dana yang terkumpul dari seluruh peserta akan sepenuhnya dialokasikan untuk para pemenang lomba tanaman hias,” ujarnya.

Dalam rangka menarik pengunjung untuk mengunjungi tanaman hias, kompetisi tanaman hias ini menarik peserta dari berbagai daerah seperti Jawa Tengah, Jawa Timur, Timur Tengah dan lain-lain.

Pada hari pertama, jumlah kunjungan dari siang hingga malam di bawah 150-200 pengunjung.

Andri menegaskan tujuan diadakannya acara ini adalah agar tanaman hias tetap hidup di pasaran dunia. “Kami juga ingin memperkenalkan diri kepada khalayak luas. Pasar tanamannya ada di Kebun Anggrek Ragunan,” ujarnya.

Pemulia tanaman Indonesia Handry Chuary mengatakan pasar tanaman di Jakarta luar biasa. “Juga, ini adalah pertama kalinya Jakarta menyelenggarakan ini. Yang saya tahu, acara ini berfungsi untuk mengabadikan eksistensi tanaman hias di mata dunia,” ujarnya.

Menurutnya, tanaman hias bisa dijadikan mata pencaharian. “Pada acara ini, panitia juga mengajak banyak petani atau peternak untuk berjualan. Juga untuk kompetisi atau pertunjukan. Saya berharap Pasar Tanaman Jakarta dapat diadakan secara berkelanjutan di tahun-tahun mendatang,” ujarnya.

Penerbit: Dani M. Dahwilani

Bagikan artikel:

Membelah

Membelah

Tombol berbagi baris

Source: www.inews.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button