Kunjungan wisman ke Indonesia Juli mencapai rekor tertinggi sejak pandemi - WisataHits
wisatahits

Kunjungan wisman ke Indonesia Juli mencapai rekor tertinggi sejak pandemi

Menparkeraf Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan sekitar 476.000 wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Indonesia pada Juli 2022 merupakan pencapaian atau rekor tertinggi sejak pandemi.

Dalam Weekly Brief bersama Sandi Uno di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Senin (5/9/2022), Menparekraf Sandiaga mengatakan, berdasarkan data Juli 2022, ada 476.970 wisman yang berkunjung ke Indonesia.

Kunjungan wisman ke Indonesia Juli mencapai rekor tertinggi sejak pandemiKunjungan wisman bulan Juli ke Indonesia capai rekor tertinggi sejak pandemi, Foto: Kemenparekraf

“Pada Juli 2022, kunjungan wisman ke Indonesia (mencapai angka tertinggi) sejak pandemi (COVID-19),”

kata Sandiaga.

Sandiaga mengatakan kunjungan wisman didominasi oleh lima negara, yakni Australia, Singapura, Malaysia, India, dan Amerika Serikat, dengan peningkatan hampir 40%.

“Secara kumulatif Januari hingga Juli, jumlah kunjungan wisman mencapai 1,2 juta kunjungan. Total peningkatannya hampir 15 kali lipat.”

kata Sandiaga.

Peningkatan ini, kata Sandiaga, dipicu oleh kebijakan visa-on-arrival bagi wisatawan asing, khususnya di Bali.

Dimana, saat ini kunjungan wisman ke Bali mencapai 246.504 kunjungan pada Juli 2022.

“Ini merupakan angka tertinggi setelah pandemi (COVID-19) dengan jumlah kunjungan per hari mencapai sembilan ribu kunjungan.

Dimana wisatawan asing ini masuk ke Indonesia melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai dan Pelabuhan Benoa”,

dia berkata.

Terkait kebijakan visa on arrival, Sandiaga mengatakan saat ini 75 negara telah masuk dalam daftar penerima visa on arrival dengan tambahan tiga negara baru yaitu Maladewa, Monaco, dan Kolombia.

“Dan ada sembilan negara lain yang dikenai kunjungan khusus bebas visa ke Indonesia, yaitu Filipina, Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand, dan Vietnam,”

kata Sandiaga.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button