Kota Solo sebagai kota konser dan festival musik? - WisataHits
wisatahits

Kota Solo sebagai kota konser dan festival musik?

Kota Solo sebagai kota konser dan festival musik?

Sebagai kota, Solo perlahan memantapkan diri sebagai kota tujuan konser dan festival musik.

Sejak dulu, kota Solo telah meraih banyak gelar prestisius.

Kota Solo sebagai kota konser dan festival musikKota Solo sebagai Kota Konser dan Festival Musik, Gambar oleh Pexels dari Pixabay

Mulai dari Kota Batik, Kota Budaya, hingga Spirit of Java, akan sangat menarik melihat Solo menambah satu gelar lagi: Kota Konser dan Festival Musik.

Apa yang membuat sebuah kota menjadi tujuan wisata musik?

Selain musik yang menjadi tumpuan setiap gerak penduduk kota, tentunya harus ada pertunjukan musik secara rutin.

Hal ini juga harus diperkuat dengan faktor pendukung yang dikenal dalam dunia pariwisata 3A: atraksi, aksesibilitas dan amenitas,

Atraksi adalah sesuatu yang mengundang orang untuk datang. Dalam konteks kota musik, atraksi dapat berupa konser dan festival musik.

Solo sudah melakukannya dengan festival-festival seperti Rock In Solo, dan berbagai konser yang telah dan akan berlangsung di sana, termasuk Dream Theater yang akan digelar pada Agustus 2022.

Aksesibilitas adalah akses untuk mencapai daerah atau lokasi tujuan. Solo juga memiliki faktor pendukung ini.

Bus, kereta api, bandara, angkutan dalam kota, hingga keberadaan jalan tol akan memudahkan akses masyarakat menuju Solo.

Sedangkan amenitas merupakan faktor pendukung yang penting dan dapat memberikan kemudahan, kenyamanan dan keamanan kepada pengunjung.

Ketika datang ke kota musik, sebuah kota harus memiliki tempat untuk mengadakan pertunjukan, baik kecil maupun raksasa, akomodasi mulai dari penginapan melati hingga bintang lima hingga toko barang dagangan.

Menurut Senior Manager Rajawali Indonesia, Tovic Raharja, Kota Solo siap menjadi kota konser musik.

“Saya yakin dengan segala infrastruktur yang ada, Kota Solo siap menjadi kota konser musik seperti kota-kota lain di Indonesia.

Jalan tol sudah ada, juga bandara internasional, stasiun kereta api, terminal dan angkutan umum.

Solo juga hotel dari semua kelas, semuanya sudah penuh dipesan. Tentunya bisa menjadi sarana yang memadai untuk menggelar konser musik kelas dunia,”

kata Tovic.

Maka tak heran jika proses transformasi kota Solo menjadi kota konser musik didukung banyak pihak, termasuk Bank Jateng.

Senior Manager Bank Jateng Supriyatno yang diwakili oleh Compliance and Risk Management Manager Bank Jateng Aris Setiyawan menyampaikan dukungannya terhadap konser musik yang digelar di Solo, termasuk konser Deep Purple.

Harga dan Fasilitas Deep Purple Solo 2023Ungu Tua Solo 2023

Menurutnya, reputasi Rajawali Indonesia yang telah menyelenggarakan banyak konser dan festival musik internasional juga akan sangat membantu mewujudkan visi Kota Solo menjadi kota konser.

“Saya sangat menantikan kolaborasi ini.

Apalagi kami juga mempercayakan Rajawali Indonesia untuk menggelar event rock seperti Jogjarockarta dan Dream Theater di Kota Solo pada Agustus lalu.

Kami juga akan memberikan beberapa program untuk seluruh penonton Deep Purple, khususnya nasabah Bank Jateng, untuk mendapatkan berbagai kemudahan dalam pembelian tiket konser di bulan Maret mendatang,”

kata Aris Setiyawan.

Selain itu, Bank Jateng ingin merespon acara ini dengan konsep baru: pop-up market yang dikemas sebagai rangkaian Deep Purple World Tour 2023 di Solo.

Purple Market merupakan wadah bagi UMKM untuk menawarkan berbagai produk mulai dari masakan, kerajinan, dan barang.

“Fasilitas pendukung akan kami berikan kepada para tenant yang tergabung dalam Pasar Ungu pada saat event Deep Purple nanti dan tentunya mereka akan menjadi mitra Bank Jateng.

Hal ini sejalan dengan agenda Bank Jateng untuk memajukan UMKM sebagai penggerak perekonomian masyarakat.

Program ini meliputi promosi pembiayaan dari Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bank Jateng dan workshop UMKM oleh Bank Jateng,”

kata Aris Setiyawan.

Optimis dengan segala infrastruktur yang ada, Pemkot Solo siap dikunjungi wisatawan, khususnya pecinta musik heavy metal dan hard rock dari seluruh penjuru tanah air.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka berharap ajang konser bertaraf internasional ini menjadi magnet dan memberikan hiburan serta manfaat bagi seluruh wilayah Kota Solo.

“Ayo beli tiketnya, nonton konsernya, bermalam di Solo dan jajan di Solo.

Dengan diadakannya konser Deep Purple – World Tour 2023 di Solo

“Ayo beli tiketnya, nonton konsernya, bermalam di Solo dan jajan di Solo.

Dengan diadakannya konser Deep Purple – World Tour 2023 di kota Solo, saya berharap dapat menjadi pemantik semangat untuk diadakannya konser internasional lainnya di Jawa Tengah khususnya di kota Solo,”

Gibraltar ditutup.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button