Wisata Kota Tua Jakarta Ini 5 Aktivitas Terbaik - WisataHits
wisatahits

Wisata Kota Tua Jakarta Ini 5 Aktivitas Terbaik

Harga Tiket Masuk Old Jakarta: Gratis Jam Buka: 06:00 – 22:00 No Telp: -Alamat: kawasan Kota Tua, Taman Fatahillah No.1 RT.7/RW.7 Pinangsia, Taman Sari, Jakarta Barat, DKI Jakarta, Indonesia, 11110

Kota Tua Jakarta merupakan wisata sejarah bekas pemerintahan kolonial belanda. Lokasinya sendiri berada di pusat kota dan sangat mudah dijangkau. Meski sudah direvitalisasi, suasana tempo dulu masih terasa. Dari kemarin hingga hari ini, destinasi ini selalu menjadi favorit warga ibu kota.

Setiap hari, wisata kota tua tidak pernah sepi pengunjung. Pagi dan sore hari keramaian selalu menemani. Tak hanya turis lokal yang mengagumi keindahannya. Bahkan turis asing pun dibuat takjub saat melihat deretan bangunan kuno yang tertata rapi.

Harga Tiket Masuk Wisata Kota Tua Jakarta

Jika Anda ingin mencari destinasi yang murah, kota tua adalah pilihan terbaik. Karena Pemprov DKI Jakarta tidak memungut biaya tiket masuk ke tempat wisata ini. Baik penduduk lokal maupun luar Jakarta bebas menjelajahi sudut-sudut kota secara gratis. Namun jika Anda memasuki salah satu objek wisata di kota tua tersebut, Anda akan dikenakan tiket masuk.

Harga Tiket Masuk Wisata Kota Tua Jakarta
Pelabuhan Sunda Kelapa Rp2.500
Museum Fatahillah Rp2.000
Musium Seni Rp 1.000
Biaya parkir motor Rp 5.000
Biaya parkir mobil Rp 10.000

Baca: 8 Aktivitas Wisata di SENAYAN PARK SPARK

Jam Buka Jakarta Lama

Kawasan wisata ini tidak memiliki jam buka tertentu seperti tempat wisata. Bisa dibilang pemerintah membukanya untuk umum selama 24 jam tanpa gangguan. Tidak ada batasan hari atau jam. Sementara itu, museum di sekitarnya memiliki jam buka. Waktu terbaik untuk berkunjung ke sini adalah pada sore hari.

Museum Hari Jam
Museum Bank Indonesia Senin Jum’at 08.00 – 15.30 WIB
Sabtu Minggu 08.00 – 16.00 WIB
Museum Bank Mandiri Selasa – Minggu 09.00 – 15.00 WIB
Museum Sejarah Jakarta Senin minggu 09.00 – 15.00 WIB
Museum Seni Rupa dan Keramik Selasa – Minggu 08.00 – 15.00 WIB
Museum Boneka Selasa Jumat 09.00 – 15.00 WIB
Sabtu Minggu 09.00 – 20.00 WIB
Museum Bahari Selasa – Minggu 09.00 – 15.00 WIB

Kegiatan menarik di Kota Tua Jakarta

Ternyata setelah revitalisasi besar-besaran kota tua, itu menjadi lebih baik dan lebih baik. Bahkan, jauh lebih baik dari sebelumnya. Ini akan membuat pengunjung lebih nyaman dan nyaman saat waktu senggang. Ada juga berbagai jenis aktivitas seru yang siap memanjakan wisatawan.

1. Berburu foto bersama teman

foto bersama ondel-ondelWisatawan berfoto di tengah ondel-ondel. Foto: Googlemap/natagaris

Jika Anda mengunjungi kota tua, jangan lupa untuk mencari gambar.
Banyak sekali bangunan unik yang bisa menjadi background foto. Sebagian besar konsepnya bergaya arsitektur zaman Belanda. Perlu diketahui, bangunan ini sudah ada sejak tahun 1600-an, kemegahannya memukau siapa saja dan ingin segera berfoto.

Salah satu tempat yang sering dijadikan spot foto adalah Museum Fatahillah. Bentuknya yang khas mampu memikat hati setiap pengunjung untuk berfoto di depannya. Ada juga Museum Bank Indonesia dan Kali Besar yang tak kalah unik.

Baca: Tiket Masuk dan Kawasan Wisata di Kota Tua Jakarta

2. Berolahraga di sekitar Kota Tua

olahraga di sekitar jakarta tuaSekelompok orang joging bersama di kota tua Jakarta. Foto: Googlemap/M. Fatkhu Rizqi

Selain berburu foto, pengunjung kota tua juga dapat melakukan kegiatan olahraga. Misalnya, berjalan atau joging di sudut kota. Berangkat dari Gedung Mandiri kemudian berbelok menuju Taman Fatahillah. Kemudian menuju ke sungai besar dan kemudian melanjutkan jogging ke Jalan Cengkeh.

Kemudian dilanjutkan ke stasiun Jakarta Kota dan berbelok ke Jalan Lada. Dimana kawasan tersebut telah menjadi zona bebas asap rokok bagi sepeda motor.

Baca: Tiket JAKARTA AQUARIUM dan 9 Tempat Wisata Unik

3. Keluar dan berbelanja oleh-oleh khas Jakarta

Setelah puas mengunjungi kota tua, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh. Salah satu toko yang menjual oleh-oleh adalah Mula Kota Tua Jakarta. Di sini, banyak produk modal khas yang dijual. Misalnya kaos Jakarta, topi, gelang hingga tas.

Setelah berbelanja, luangkan waktu untuk berjalan-jalan di Café Batavia. Tempat makan yang mengusung konsep ala Eropa kuno. Makan di sini seperti melangkah kembali ke zaman kolonial dulu. Sayangnya, harga makanannya tidak bisa dibilang murah.

Jika ingin murah, wisatawan bisa mengunjungi Batavia Kantin. Lokasinya tidak jauh dari museum wayang. Harganya masih relatif terjangkau. Daftar menunya antara lain bakso, pecel dan yang paling favorit adalah mie ayam.

Baca: Tiket MOJA MUSEUM dan spot foto kreatif

4. Bersepeda keliling Jakarta Lama

naik sepeda di kota tua jakartaSebuah keluarga menikmati bersepeda di kota tua Jakarta. Foto: Googlemap/Sapto Himawan

Banyak perubahan yang terjadi di kota tua setelah pemerintah merevitalisasinya. Sejauh ini kawasan tersebut ramah bagi pengendara sepeda. Karena tepat di depan museum mandiri terdapat dua jalur khusus sepeda. Dan satu lagi di Jalan Lada dekat Taman Fatahillah.

Jika ingin berkeliling, tidak perlu membawa sepeda sendiri. Pengunjung dapat menyewa sepeda di area tersebut. Durasinya hanya 30 menit. Tapi cukup untuk menjelajahi kota tua yang tidak terlalu besar.

Baca: Tiket KIDZANIA Jakarta dan 12 Wahana Menarik

5. Kunjungi wahana museum antik

Aktivitas lain yang tak kalah seru adalah mengunjungi wahana museum tua. Jaraknya cukup dekat dan bisa ditempuh hanya dalam waktu lima menit. Apalagi sekarang lokasinya sangat nyaman untuk pejalan kaki. Terutama di sekitar Jalan Lada.

Setidaknya ada beberapa museum yang bisa dikunjungi wisatawan. Misalnya Museum Bahari, Bank Indonesia, Museum Wayang, Museum Sejarah Jakarta dan masih banyak lagi. Saat masuk, petugas akan menempelkan tiket masuk. Jadi bersiaplah untuk menyiapkan uang dalam pecahan dua atau lima ribu.

Sarana dan prasarana kota tua

Fasilitas yang tersedia di Kota Tua Jakarta cukup memadai. Dibandingkan dengan sebelumnya, kualitasnya lebih baik sekarang. Berikut adalah beberapa sarana dan prasarana yang ada di kota tua.

  • food court
  • noda foto
  • museum kuno
  • Tempat parkir
  • Toilet
  • Mussala
  • tempat bermain
  • Tempat persewaan sepeda.

Lokasi Jakarta Lama

Bepergian di kota tua tidak terlalu melelahkan. Wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Lokasinya tepat di Mangga Besar, Kec. Taman Sari, Jakarta Barat.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button