Konser Kamardikan digelar saat masyarakat bisa kembali mengunjungi Keraton Yogyakarta agenda - WisataHits
Yogyakarta

Konser Kamardikan digelar saat masyarakat bisa kembali mengunjungi Keraton Yogyakarta agenda

TEMPO.CO, YogyakartaKeraton Yogyakarta Sebuah pengingat unik tentang dinamisme kemerdekaan Indonesia. Pada peringatan hari kemerdekaan tahun ini, Keraton Yogyakarta menggelar konser Kamardikan Yogyakarta Royal Orchestra (YRO) di Kompleks Kamandungan Lor (Keben) Keraton Yogyakarta pada Sabtu malam, 27 Agustus 2022.

Acara konser ini juga menjadi pendorong dibukanya kembali reservasi kepada masyarakat umum agar bisa mengikuti agenda secara offline di keraton setelah sempat ditutup selama dua tahun terakhir akibat pandemi Covid-19. Sebanyak 750 pengunjung juga dihibur oleh penampilan apik dari konser yang digagas oleh Jurusan Seni Kawedanan Kridhomardowo Keraton Yogyakarta.

“Konser full orkestra ini berkolaborasi dengan banyak pihak seperti solois saksofon, penyanyi dan paduan suara,” kata Kanjeng Pangeran Hario (KPH) Notonegoro selaku Penghageng Kawedanan Kridhomardowo. Sebanyak 11 repertoar dibawakan dalam konser tersebut, yang mengangkat konduktor dan konduktor MW. Widyowiryomardowo dan disaksikan oleh Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X dan permaisuri GKR Hemas.

Di sebelah Gating Gati Mardika sebagai lagu pembuka Api Kemerdekaan, Dari Sabang sampai Merauke, pahlawan merdeka, syukurdan definisi, juga menjadi suguhan bagi penontonnya. Lagu-lagu tersebut dibawakan bekerja sama dengan Vocalista Harmonic Choir ISI Yogyakarta.

Ada juga kolaborasi YRO dengan solois saxophone, Abdi Dalem Musikan, MJ. Praptowaditro, selamat tinggal Negara asalku dan Sepasang mata bola.

lagu Kebyar Kebyar disusul oleh duet alto Okky Kumala Sari, penyanyi band pop Keroncong Jogja, Remember Entertainment dan penyanyi tenor Daniel Christianto, seorang vokalis solo yang banyak menyanyi di konser orkestra dan opera nasional dan internasional. Kemudian penampilan lagu berikut hari Kemerdekaan yang juga pernah berkolaborasi dengan Vocalista Harmonic Choir. Akhirnya Abdi Dalem membawa Wiyaga Kawedanan Kridhamardawa Resolusi Gendhing Arum-Arum.

Konser Kamardikan yang dikemas dengan orkestra ini berlangsung setelah Kawedanan Kridhomardowo Keraton Yogyakarta sukses menggelar Pertunjukan Musik Kamardikan pada 17 Agustus lalu yang menampilkan live brass ensemble Kagungan Dalem Regol Brajanala Kraton Yogyakarta. “Peringatan kemerdekaan selalu menjadi momen spesial bagi keraton, maka setelah pertunjukan musik Kamardikan, kami tutup dengan konser Kamardikan Yogyakarta Royal Orchestra pada 17 Agustus,” kata KPH Notonegoro.

WICKSONO PRIBADI

Baca Juga: Jika Tertarik Jadi Prajurit Keraton Yogyakarta Perhatikan Syaratnya

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terbaru dan berita unggulan dari Tempo.co di saluran Tempo.co Update Telegram. Klik Pembaruan Tempo bergabung. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram.

Source: travel.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button