Komisaris BCA (BBCA) ungkap potensi wisata yang sangat besar di Gunungkidul - WisataHits
Yogyakarta

Komisaris BCA (BBCA) ungkap potensi wisata yang sangat besar di Gunungkidul

Bisnis.comYOGYAKARTA – Komisaris Independen PT Bank Central Asia Tbk atau BCA (BBCA) Cyrillus Harinowo melihat potensi besar di kawasan Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Meski bukan 4 destinasi wisata baru Bali yakni Mandalika, Labuan Bajo, Danau Toba dan Borobudur, dia memperkirakan Gunungkidul memiliki banyak potensi yang belum banyak diketahui masyarakat karena fokus pengembangannya juga berbeda.

“Jadi orang tidak melihat Gunungkidul. Mengapa orang tidak melihatnya? Karena Gunung Kidul dulu adalah daerah termiskin di Pulau Jawa,” kata Harinowo di Perbukitan Drini, Yogyakarta, Kamis (18/8/2022).

Data yang menunjukkan bahwa Gunungkidul merupakan wilayah termiskin terungkap saat BCA melakukan kegiatan Corporate Social Responsibility atau CSR.

Harinowo mengatakan emiten bersandi BBCA itu menjalankan program CSR di kawasan Gunungkidul beberapa tahun lalu dengan melakukan survei referensi data Badan Pusat Statistik (BPS) yang menjadi awal kegiatan.

Dikatakannya, sejak awal Gunungkidul merupakan daerah termiskin di 5 kabupaten DIY yakni Jogja, Sleman, Bantul, Kulon Progo dan Gunungkidul.

Namun dalam kurun waktu 10 tahun, kawasan Gunungkidul berhasil menyalip kabupaten tersebut dan menjadi daerah nomor 3 DIY dan tidak lagi menjadi kabupaten termiskin.

“Potensi Gunungkidul sangat besar. Oleh karena itu, meskipun tidak masuk dalam 10 besar prioritas pemerintah, apalagi 4.” [destinasi wisata Bali baru],” dia berkata.

Untuk itu, BBCA telah menulis buku tentang destinasi di Gunungkidul berjudul “Gunung Kidul The Next Bali” dan akan diterbitkan di Yogyakarta hari ini, Jumat (19/8/2022).

Harinowo sedikit mengatakan bahwa penerbitan buku itu juga harus membuka mata pemerintah terhadap fakta bahwa di luar destinasi wisata baru di Bali, ada Gunungkidul yang merupakan daerah terdekat.

“Jadi dari sana [Gunungkidul] kami melihat potensinya sangat besar dan perkembangannya sangat bagus sekarang ini,” ujarnya.

Sementara itu, Harinowo memperkirakan kawasan Gunungkidul akan menjadi kawasan wisata terkeren dalam 10 hingga 25 tahun mendatang.

“Ini saatnya investor datang ke Gunungkidul untuk menangkap peluang,” pungkasnya.

Lihat berita dan artikel lainnya Berita Google

Tonton video yang dipilih di bawah ini:

Konten Premium Nikmati konten premium untuk informasi lebih dalam Login / Daftar

Source: finansial.bisnis.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button