Jogja Upcoming Festival, launching event wisata DIY di tahun 2023 - WisataHits
Yogyakarta

Jogja Upcoming Festival, launching event wisata DIY di tahun 2023

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA – Jogja Upcoming Festival dan peluncuran event calendar atau agenda event wisata 2023 akan dilaksanakan pada pertengahan Desember 2022.

Jogja Upcoming Festival yang baru pertama kali diadakan ini bertujuan untuk menampilkan event dan festival unggulan yang akan berlangsung di lapangan DIY pada tahun 2023.

Dengan demikian, wisatawan dapat memperoleh informasi dan gambaran umum tentang peristiwa di tahun mendatang dan merencanakan kemungkinan kembalinya mereka.

Baca Juga: Pemkab Bantul Dorong Pemanfaatan Tanah Kas Desa untuk Kepentingan Bersama

“Kami berharap wisatawan yang datang kali ini bisa merekam rencana event di Yogya untuk datang ke Yogya lagi di tahun 2023,” Ketua Jogja Festival Forum & Expo (JFFE) 2022, Satya Brahmantya, Jumat (25/11/2022).

Jogja Upcoming Festival berlangsung di kawasan Malioboro. Rencananya, ikon Kota Jogja juga akan dibuka pada 17/18. Desember dan tetap tutup selama acara besar.

“Tanggal ini kami selenggarakan karena setelah melakukan riset kecil-kecilan, ternyata banyak wisatawan yang datang ke Jogja pada pertengahan Desember ini,” imbuhnya.

Dia membandingkan acara tersebut dengan teaser atau cuplikan festival yang akan berlangsung pada tahun 2023.

Kegiatan festival di Yogya seperti Art Jog, Biennale, Kustomfest, Biennale, Festival Budaya Yogyakarta (FKY), Ngayogjazz, Prambanan Jazz dan puluhan festival lainnya dihadirkan dalam format exhibition dan performance untuk menarik wisatawan.

Misalnya, panitia akan memperkenalkan sejumlah artis dan artis yang akan memeriahkan festival musik di Jogja seperti Prambanan Jazz dan Jogjarockarta.

Sementara itu, festival seni Art Jog berencana mengubah salah satu bangunan di kawasan Malioboro menjadi ruang pameran dan galeri seni untuk dikunjungi wisatawan.

Lalu ada Festival Sumonar yang biasanya menampilkan video mapping karya seniman cahaya dari Indonesia dan luar negeri.

“Kami berharap festival-festival yang diadakan setiap tahun ini terus berlangsung. Kami berharap penyelenggaraan Jogja Festival mendatang juga bisa menjadi agenda rutin,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo mengatakan event pariwisata yang akan digelar pada 2023 akan dipromosikan di Jogja Upcoming Festival.

“Event dan event pariwisata 2023 akan kami ungkapkan di Jogja Upcoming Festival pertengahan 2022. Akan ada semacam pameran tentang acara yang akan berlangsung pada tahun 2023 ini,” ujarnya.

Baca Juga: Oknum Polisi yang Mempengaruhi Bidan di Purworejo Dapat Sanksi Demosi Penempatan Khusus Hingga 30 Hari

Sejauh ini sudah ada 72 festival yang tergabung dalam Jogja Festivals, baik yang diinisiasi secara organik oleh para pelaku kreatif maupun yang dipromotori oleh pemerintah setempat.

Dengan bangkitnya kembali semangat penyelenggaraan event-event DIY, konon juga dapat meningkatkan belanja wisatawan di Yogya. Hal ini kemudian dapat mempromosikan pariwisata berkualitas atau quality tourism.

Strategi dalam quality tourism tidak menekankan pada kuantitas wisatawan, tetapi lebih menekankan pada tingkat kualitas atau pengeluaran pariwisata di DIY.

“Bahkan, kita mendorong belanja sehingga tercipta wisata yang berkualitas. Kalau yang datang ke Yogya tidak terlalu banyak tapi biayanya tinggi, kesejahteraan masyarakat pasti akan meningkat,” ujarnya. (tro)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button