Kodim 1620/Loteng mengajak warga menjaga kebersihan objek wisata - WisataHits
Jawa Barat

Kodim 1620/Loteng mengajak warga menjaga kebersihan objek wisata

DOA– Sebanyak 150 personel dari TNI Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), Angkatan Udara (AU), Polri dan warga setempat melakukan operasi bersih-bersih Pantai Selong Belanak Desa Selong Belanak Kecamatan Praya Barat Lombok Tengah . Sampah sebagian dibakar dan diangkut ke truk sampah.

“Kalau objek wisata kita bersih pasti wisatawan akan merasa nyaman,” kata Dandim 1620/Loteng Letkol Kav IF Andi Yusuf Kertanegara, Minggu (27/11).

Kebersihan, kata Andi, merupakan potret kesehatan warga. Untuk itu, pihaknya memastikan kegiatan tersebut dilakukan secara rutin. Menargetkan objek wisata di seluruh wilayah di Gumi Tatas Tuhu Trasna. “Semoga Sapta Pesona Tourism benar-benar menjadi kenyataan,” ujarnya.

Kodim 1620 berharap warga Loteng melakukan langkah yang sama. Diadakan minimal setiap minggu. Bukan hanya tempat wisata, tapi lingkungannya masing-masing. “Mari bersama-sama menjaga kebersihan dan menjaga alam,” ajaknya.

Dia mengimbau warga untuk tidak meninggalkan sampah. Akibat dampaknya, tidak hanya menimbulkan berbagai jenis penyakit, tapi juga banjir.

Ia mengatakan, warga Desa Selong Belanak harus belajar dari beberapa desa di Loteng yang dilanda banjir. Salah satu penyebabnya adalah sampah.

“Kami juga melakukan kegiatan yang sama. Di sekitar Perumnas Tampar Ampar, Desa Jontlak, Kecamatan Praya,” tambah Danramil 1620-01/Praya, Kapten Inf Suliono secara terpisah.

Di tempat ini, kata Suliono, kasus demam berdarah sering terjadi. Hal ini disebabkan kondisi lingkungan yang kotor. Sampah dibuang sembarangan, misalnya di saluran drainase, sawah, dan pinggir jalan. Kondisi cuaca saat ini dikhawatirkan akan mempercepat perkembangbiakan nyamuk demam berdarah. “Bahkan tidak menutup kemungkinan terjadi banjir,” ujarnya.

Berdasarkan hal tersebut, kelompoknya turun gunung dengan melakukan pembersihan disertai edukasi dan sosialisasi kepada warga. “Mari kita terapkan pola hidup bersih dan sehat agar lingkungan kita tetap apik dan rapi,” kata Suliono. (dss/r5)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button