Jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara terletak di Ciwidey - WisataHits
Jawa Barat

Jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara terletak di Ciwidey

JAKARTA – Tidak hanya pulau, laut, gunung, pantai atau bukit yang terkenal dengan eksotisme khas negara tropis, Indonesia juga memiliki banyak keunikan yang menjadi ikon. Salah satunya adalah jembatan gantung Rengganis.

Terletak di kawasan Ciwidey, Bandung, Jawa Barat, jembatan gantung di Rengganis ini merupakan yang terpanjang di Asia Tenggara. Jembatan ini diresmikan pada 3 Mei 2022 bersamaan dengan hari jadi Kabupaten Bandung.

Saat itu, sekitar 30.000 pengunjung sudah merasakan berada di jembatan gantung yang panjangnya 370 meter dan tingginya 75 meter.

Lokasi Jembatan Gantung Rengganis berada di ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut, membentang melintasi hutan dan sungai di kaki Gunung Patuha. Jembatan gantung ini menghubungkan dan memudahkan pengunjung untuk mengunjungi Kawah Rengganis di Rancabali.

Tentunya jembatan ini menjadi tempat berfoto dengan pemandangan alam Ciwidey yang indah ditambah dengan pesona kabut tipis dan udara yang sejuk.

Jembatan ini berbahan dasar kayu ulin atau kayu ulin Kalimantan yang kuat, lentur, tahan hujan dan menggunakan kabel lingkaran baja yang kuat. Kabel lingkaran Baja ini bahkan didatangkan dari luar negeri dan telah melalui hasil uji coba dan penelitian pabrik.

Selama proses konstruksi, pengelola dan perancang juga berkonsultasi dengan Puslitbang Struktur Jembatan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Pengunjung yang ingin menyusuri Jembatan Gantung Rengganis akan diikat dengan tali pengaman. Untuk alasan keamanan, kapasitas pengunjung yang bisa melintasi jembatan ini adalah 70 orang. Pengunjung yang ingin mengunjungi Jembatan Gantung Rengganis bisa datang mulai pukul 07.55-16.55 WIB.

Ada dua jenis tiket Jembatan Gantung Rengganis di Ciwidey yaitu reguler Rp 70.000 dan VIP Rp. 100.000. Pengunjung dengan ID Bandung mendapatkan diskon 50%.

Pengunjung tidak hanya bisa menikmati sensasi berjalan-jalan di Jembatan Gantung Rengganis, tetapi juga mencicipi makanan dan minuman di restoran yang ada sambil menikmati pemandangan perkebunan teh yang menyegarkan mata. Pemandian air panas juga ada di Kawah Rengganis, Ciwidey.

Akan banyak foto-foto yang bisa dibawa pulang oleh pengunjung sebagai kenangan setelah mengunjungi Jembatan Gantung Rengganis di Ciwidey, jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara.

Source: www.validnews.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button