Kisah Air Terjun Ajaib Karya Tlogo Muncar, Sering Didengar Suara Gamelan Sakti Bikin Merinding: Okezone Travel - WisataHits
Yogyakarta

Kisah Air Terjun Ajaib Karya Tlogo Muncar, Sering Didengar Suara Gamelan Sakti Bikin Merinding: Okezone Travel

YOGYAKARTA tujuan wisata yang sangat kaya untuk menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga. Hal ini dikarenakan Kota Gudeg merupakan salah satu kota di Indonesia yang kaya akan budaya dan keindahan alam.

Salah satu wisata yang terkenal adalah air terjun di Kabupaten Sleman. Terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Merapi, tepatnya di lereng gunung terdapat air terjun atau Curug Tlogo Muncar.

Air Terjun Tlogo Muncar terletak di Desa Hargobinangun, Sleman, DIY. Terletak di lereng Gunung Merapi, menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan. Apalagi airnya sangat jernih.

Wisata alam ini menjadi pilihan populer bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Udara di sekitar area air terjun juga sejuk dan segar sehingga nyaman digunakan sebagai tempat bersantai.

Infografis Air Terjun

Curug Tlogo Muncar berada di ketinggian sekitar 878 meter di atas permukaan laut (mdpl), sedangkan air terjunnya sendiri memiliki ketinggian sekitar 40 meter. Airnya berasal dari mata air di kaki Gunung Merapi.

Pesona alam yang indah ditemani pepohonan di tebing-tebing kawasan air terjun Tlogo Muncar memang memanjakan mata para pengunjung yang datang. Selain itu, untuk menuju tempat wisata ini juga tidak terlalu sulit.

Namun dibalik keindahan alamnya, Curug Tlogo Muncar menyimpan cerita mistis dan legenda. Konon, air terjun ini pernah menjadi tempat pemandian para bangsawan.

Pada masa kepemimpinan Sri Sultan Hamengkubuwono VII, air terjun ini juga digunakan sebagai tempat mandi pusaka kerajaan dan untuk berbagai acara ritual karena airnya dikatakan membawa berkah.

Menurut cerita masyarakat, di Curug Tlogo Muncar Anda sering mendengar suara alat musik gamelan khas Yogyakarta, yang biasanya ditemukan dalam pertunjukan musik, pertunjukan wayang, dan upacara adat.

Ditambah lagi, aura seram air terjun ini akan membuat Anda merinding. Bahkan suara keramaian pun kerap terdengar oleh warga sekitar di kawasan air terjun ini. Air terjun ini juga sering dijadikan sebagai tempat meditasi sehingga menambah kesan mistis.

Source: travel.okezone.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button