Kinerja pariwisata di Jawa Timur akan meningkat pada tahun 2023 - WisataHits
Jawa Timur

Kinerja pariwisata di Jawa Timur akan meningkat pada tahun 2023

Kinerja pariwisata di Jawa Timur akan meningkat pada tahun 2023

RADARBANGSA.COM – Kamar Dagang dan Industri (KADIN Jawa Timur) Provinsi Jawa Timur memperkirakan kinerja industri pariwisata di Jawa Timur akan mengalami pertumbuhan tinggi pada tahun 2023. Bahkan bisa dua kali lipat dibandingkan tahun 2022.

“Ini akan terus ditingkatkan. Selain itu, Presiden mencabut PPKM (Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat-red). Prediksi kami tahun ini sektor pariwisata di Jatim naik dua kali lipat,” kata Ketua KADIN Jatim Adik Dwi Putranto dalam keterangan tertulis yang diakses Rabu, 11 Januari 2023.

Menurutnya, jumlah wisatawan mancanegara dan domestik akan meningkat secara signifikan. Termasuk MICE (Meetings, Incentives, Conferences and Exhibitions-red).

Rekor yang diraih Adik di Kota Batu pada tahun 2022, jumlah wisatawan domestik mencapai 7,4 juta wisatawan.

“Ini sinyal pariwisata akan tancap gas tahun ini. Bahkan saat liburan Natal dan Tahun Baru kemarin, meski cuaca mendukung, jumlah wisatawan juga meningkat cukup tinggi,” kata Adik.

Lebih lanjut ia menegaskan, seiring dengan pencabutan PPKM, penurunan harga tiket pesawat juga berkontribusi besar terhadap peningkatan jumlah wisman yang berkunjung ke Jawa Timur.

“Untuk sektor transportasi, harga juga turun, tiket pesawat turun. Hal ini berdampak sangat positif terhadap peningkatan wisatawan mancanegara, karena Jawa Timur sebenarnya memiliki banyak destinasi wisata mancanegara seperti Bromo, Ijen, dan Gili Iyang,” jelas Adik.

Di sisi lain, penting juga untuk mengedukasi masyarakat tentang objek wisata, termasuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang bersentuhan langsung dengan wisatawan. UKM kuliner, misalnya, tidak mematok harga terlalu tinggi saat berdagang di kawasan wisata.

“Harus ada hadiahnya. Jangan sampai wisatawan kecewa dan merasa tertipu karena harus membayar harga yang sangat mahal. Jadi mereka tidak mau kembali,” lanjutnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button