Kendaraan mulai memadati Puncak Bogor jelang hari raya Nataru - WisataHits
Jawa Barat

Kendaraan mulai memadati Puncak Bogor jelang hari raya Nataru

Bogor

Jumlah kendaraan yang melintas di jalan menuju kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat meningkat jelang libur Natal dan Tahun Baru. Meski bukan akhir pekan, lalu lintas di kawasan wisata hari ini terlihat ramai.

“Ya hari ini ada peningkatan arus kendaraan ke Puncak,” kata Iptu Ketut Lassvarjana dari KBO Satlantas Polres Bogor saat dihubungi, Senin (19/12/2022).

Menurut Ketut, peningkatan volume kendaraan baru terjadi pagi ini. Ketut menjelaskan, salah satu penyebab kawasan Puncak mulai padat adalah karena sekolah-sekolah memberlakukan libur. Sore ini, Ketut mengatakan kepadatan volume kendaraan mengalami penurunan.

MENAMPILKAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

“Baru tadi pagi (meningkat), sekarang sudah menurun. Mengingat beberapa anak sekolah sudah melakukan ulangan,” jelasnya.

Ketut mengatakan tidak ada rekayasa lalu lintas yang dilakukan pagi ini. Pihaknya hanya menerjunkan personel untuk mengatur lalu lintas di beberapa titik di jalur Puncak.

“Awas saja di perempatan seperti Pasir Muncang, Pasir Angin, Megamending dan Pasar Cisarua,” tambahnya.

Rekayasa lalu lintas di puncak Saat Nataru

Seperti diketahui, jelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023, Polres Bogor menyiapkan sejumlah upaya rekayasa lalu lintas, di antaranya pemberlakuan sistem satu arah atau sekali pakaiganjil genap dan pengalihan arus lalu lintas.

“Ya nanti disesuaikan dengan kondisi di lapangan. Entah itu tentang pengalih arus, pembatas arus, mungkin teknologi lain berupa jalan satu arah, alat ukur dan pengalih arus ke Sukabumi atau Jonggol. Ini akan kami lakukan untuk mendukung kelancaran kegiatan Nataru,” kata Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin kepada wartawan, Kamis (8/12).

Hingga 1.200 karyawan akan bersiaga untuk memastikan kelancaran arus lalu lintas di seluruh Nataru selama musim liburan. Terutama di daerah yang menjadi tujuan wisata seperti kawasan Puncak.

“Mengingat potensi kepadatan yang muncul terutama pada jalur-jalur menuju destinasi wisata ya baik di kawasan Puncak, di kawasan Sentul maupun di Bogor Barat sudah kita susun perencanaan-sebuah untuk menugaskan anggota,” katanya.

Titik yang cukup ditekankan nanti adalah kawasan Puncak. Karena Puncak merupakan salah satu destinasi wisata paling populer di wilayah Kabupaten Bogor.

Tonton video “Awas! Inilah prediksi puncak arus mudik Nataru:

[Gambas:Video 20detik]

(suara/suara)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button