Kendalisodo, Puncak Hanuman Bikin Gerrr di Pekalongan - WisataHits
Jawa Tengah

Kendalisodo, Puncak Hanuman Bikin Gerrr di Pekalongan

Kendalisodo adalah nama sebuah gunung di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Namun kali ini kita akan membahas sebuah bukit atau gunung yang terletak di Petungkriyono Kabupaten Pekalongan.

Tempat wisata alam ini lebih dikenal dengan nama Puncak Hanoman Kendalisodo yang menjadi tujuan utama para pengunjung. Tentunya dengan menikmati keindahan dari ketinggian sekitar 1695 m.

pemandangan alam semestapemandangan alam semesta. Google Maps. Sumber: Nasrul Lathif

lihat juga: taman hijau sipare

Panorama yang asri dan masih asri menjadi daya tarik sebuah tempat wisata alam. Petungkriyono sendiri memiliki banyak tempat wisata penting yang menjadi tujuan para pelancong.

Penyematan Hanoman sendiri terkait dengan salah satu dewa dalam kepercayaan agama Hindu yang diyakini sebagai Hanoman yang bertapa di Gunung Kendalisodo.

Bagi Anda yang hobi hiking atau camping, mendaki ke Puncak Petungkriyono Hanoman Kendalisodo mutlak dilakukan. Berikut ulasan lengkapnya!

Trekking ke puncak Hanoman Kendalisodo

Seperti mendaki gunung pada umumnya, seseorang harus memulai perjalanan yang tidak mudah, atau dalam bahasa kerennya hiking atau trekking. Jalurnya masih sangat alami, didominasi tanjakan hingga ke puncak.

Meski jalur trekking sudah tertata dengan baik, medannya tetap tidak mudah. Pastikan Anda memakai sepatu yang tepat dan nyaman.

Saat Anda mendekati puncak, jalurnya sangat landai dengan suasana berkabut jika Anda tiba di sore hari. Terakhir, untuk mencapai Puncak Hanoman Kendalisodo, Anda akan melewati tiga posko tanpa warung atau toilet dengan perkiraan waktu trekking hingga 1 jam.

Trekking yang harus dilaluiTrekking yang harus dilalui. Google Maps. Sumber: Texas Pekalongan

lihat juga: baik-baik saja

Atraksi Kendalisodo

1. Puncak Hanuman Kendalisodo

Daya tarik utama Bukit Kendalisodo tentunya adalah puncaknya yang biasa disebut dengan Puncak Hanoman Kendalisodo. Dan menjadi tempat utama untuk menikmati keindahan alam yang tersaji di depan mata.

Sejauh mata memandang, hanya hamparan alam hijau yang terlihat, hingga ke pemukiman warga. Bahkan di waktu-waktu tertentu akan ada lautan kabut yang memberikan perasaan seperti negeri di atas awan.

Puncak Hanoman Kendalisodo juga menjadi tempat untuk menikmati sajian sunrise dan sunset. Oh ya, di puncaknya kamu juga akan melihat beberapa bebatuan yang menyerupai meja dan kursi. Ini dikatakan sebagai peninggalan dari Zaman Batu.

2. perkemahan

Berkemah di ketinggianBerkemah di ketinggian. Google Maps. Sumber: Shandy Eksani Putra

lihat juga: curug sibedug

Camping atau berkemah merupakan salah satu bentuk penyembuhan bagi para pendaki, kepenatan pendakian dibalas dengan suasana yang menenangkan. Jauh dari kebisingan kota dan hiruk pikuk yang tak ada habisnya.

Tak jauh dari perkemahan terdapat hutan yang terlihat menyeramkan dari jauh, apalagi saat kabut mulai menghiasi. Tapi untuk dijadikan spot foto, bagus banget.

Lokasi Kendalisodo

Lokasi Puncak Hanoman Kendalisodo berada di Desa Tlogohendro, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.

Rute menuju Puncak Hanoman Kendalisodo kurang lebih 45 km jika berangkat dari Alun-Alun Kajen Kabupaten Pekalongan. Nanti Anda akan melewati kota wisata Black Canyon.

Yaitu dengan menyetir kendaraan sesuai Jl. Raya Karanganyar sampai tiba di Jl. Raya Doro-Petungkriyono. Estimasi waktu tempuh kurang lebih 1 jam.

kursi batuKursi batu. Google Maps. Sumber: Samsudin SVT

lihat juga: danau sigebyar mangunan

Jam buka Kendalisodo

  • Tidak ada peraturan khusus mengenai jam operasional Bukit Kendalisodo Petungkriyono.
  • Itu berarti buka 24 jam sehari, setiap hari.
  • Banyak pendaki yang datang untuk mengabadikan sunset.

Biaya masuk ke Kendalisodo

Tidak ada syarat khusus untuk memasuki Puncak Hanoman Kendalisodo.

Fasilitas Kendalisodo

Fasilitas umum di sekitar Puncak Hanoman Kendalisodo masih sangat alami, hanya dengan area tempat duduk batu dan juga ayunan sederhana.

mengayunmengayun. Google Maps. Sumber: Ghufron Rifaz

Lihat juga: Puncak Tugu Petungkriyono

Tips Perjalanan

Ada baiknya simak beberapa tips wisata berikut sebelum trekking ke Puncak Hanoman Kendalisodo:

  • Gunakan sepatu yang nyaman.
  • Siapkan persyaratan logistik yang masuk akal.
  • Selalu menjaga sopan santun dan kebersihan.
  • Siapkan pakaian hangat.
  • Hindari datang di musim hujan.

Menyimpulkan

Menikmati sunset di Puncak Hanoman Kendalisodo adalah salah satu cara penyembuhan yang ampuh dan pasti akan membuat Anda grogi.

Source: www.nativeindonesia.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button