Tiket Masuk BATAM BOTANICAL GARDEN dan Pesona Keindahan - WisataHits
wisatahits

Tiket Masuk BATAM BOTANICAL GARDEN dan Pesona Keindahan

Tiket Masuk BATAM BOTANICAL GARDEN dan Pesona Keindahan

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Batam: Gratis. Jam buka: 08:00 – 18:00. Nomor telepon: -. Alamat: Jl. Hang Lekiu, Sambau, Nongsa, Batam, Jawa Timur, Indonesia, 29465.

Kebun Raya Batam di kawasan Nongsa ditambahkan ke dalam daftar tempat wisata Batam, kepulauan Riau. Lokasi sangat ideal untuk mengunjungi wisatawan karena dekat dengan beberapa resor dan pelabuhan. Destinasi ini memiliki ribuan koleksi keanekaragaman hayati tentang konservasi tumbuhan di pulau-pulau kecil Indonesia.

Diresmikan sejak 22 Desember 2018, jumlah koleksi tumbuhan di taman ini semakin beragam. Objek wisata ini harus bersaing dengan Singapore Botanic Garden.

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Batam

Kebun raya ini belum menetapkan tarif masuk bagi pengunjung. Jadi, wisatawan yang berencana mengunjungi taman hiburan ini tidak perlu khawatir karena harga tiket masuknya selalu gratis.

Biaya masuk
Tiket masuk Untuk membebaskan

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Mega Wisata Ocarina Batam

Jam buka

Ruang taman wisata ini buka dari pagi hingga sore hari. Wisatawan dapat dengan bebas memilih hari yang tepat untuk berkunjung. Karena taman ini buka setiap hari.

Waktu operasional Jam buka
Senin minggu Pak. 08.00 – 18.00

Keindahan Kebun Raya Batam dengan berbagai koleksi tumbuhan

taman di kebun raya batamArea taman dengan taman dan jalan setapak – Foto: GoogleMaps/Imam Mukromin

Kebun Raya Batam memiliki berbagai fasilitas. Ini termasuk kantor manajemen, gerbang, jalan beraspal, kolam, pembibitan dan rumah kaca. Danau buatan, bak air hingga gazebo juga melengkapi taman ini.

Taman secara tematis dibagi menjadi beberapa zona. Laboratorium, Gedung Konservasi, Menara Pengamatan Botani, Gedung Herbarium, dan Botanical Skyway terus dikembangkan. Dengan desainnya, taman ini sangat cocok untuk menjadi tempat wisata keluarga.

Baca: Tempat Wisata Menarik di Batam

Jelajahi taman

jalan melalui tamanJalan setapak beraspal disediakan bagi wisatawan yang ingin berkeliling taman. Foto: instagram/msydindaputri23

Kebun Raya Batam memiliki luas kurang lebih 86 hektar dengan koleksi habitat tumbuhan yang terus bertambah. Ruang hijau ini merupakan wahana untuk melestarikan kekayaan bunga kota dan menghasilkan oksigen. Kehadirannya juga sebagai salah satu upaya untuk memastikan fungsi jasa lingkungan sebagai paru-paru kota.

Wisatawan bisa bersantai dan menikmati hamparan ribuan koleksi tanaman yang beraneka ragam. Sebuah danau buatan dengan genangan air dibangun untuk mempercantik kawasan tersebut. Sambil menjelajahi lanskap perbukitannya, wisatawan dapat berjalan-jalan di sepanjang jalan yang melintasi taman.

Baca: Tiket Masuk Kebun Raya Bogor, Jam Buka, Kegiatan, Fasilitas & Lokasi

Istirahat di gazebo

gazebo berwarna-warniIstirahat dan berteduh di gazebo di tengah taman – Foto: Instagram/marini_srianti

Untuk bersantai, pengunjung bisa menggunakan gazebo yang dibangun di tengah taman. Kawasan wisata ini berada di ruang terbuka dengan limpahan sinar matahari. Tempat ini menjadi tempat favorit para wisatawan untuk berteduh dan berfoto.

Maskot ikon perjalanan

pintu masuk kebun sawit kebun raya bataanJalan santai melalui Palm Park – Foto: Instagram/fitta_gezt

Kebun Raya Batam memiliki pohon Nibun sebagai maskotnya yang sudah dipastikan sejak peresmiannya. Tumbuhan yang bernama ilmiah Oncosperma Tigillarium ini merupakan tumbuhan palem liar yang tersebar di sepanjang pantai Kepulauan Riau. Nibung tumbuh dalam rumpun yang melambangkan simbol persaudaraan.

Seiring dengan eksplorasi, koleksi spesies lambang utama, yaitu Kantung Nepenthes, juga bertambah. Bersama Nibung, Sac Semar menjadi ikon Kebun Raya Batam.

Selain tumbuhan maskot, di sini juga terdapat berbagai koleksi tumbuhan khas. Antara lain anggrek raksasa (Grammatophyllum speciosum), gaharu (Aquilaria hirta) dan bintangur (Calophyllum spp).

Baca: TOP 100 Tiket Masuk dan Wahana Water Park

Jelajahi area taman

berbagai area tamanAmbil foto dengan latar belakang ornamen – Foto: Instagram/fitta_gezt

Tema taman ini adalah konservasi tanaman pulau kecil di Indonesia. Koleksi ini diselenggarakan oleh wilayah biogeografis yang terbagi menjadi beberapa area.

Wisatawan bisa menemukan koleksi dari kawasan Sunda Land, Wallacea, New Guinea, dan kawasan Oceania. Wisatawan juga bisa menjelajahi kawasan Dunia Lain untuk melihat kumpulan pulau-pulau dari belahan dunia lain.

Berbagai taman hiburan

Taman Hiburan di Kebun Raya Batam Kepulauan Riau - vhie_96Taman hiburan penuh warna – Foto: Instagram/vhie_96

Kebun Raya Batam dihiasi taman-taman bertema yang menarik perhatian wisatawan. Ada beberapa taman seperti taman labirin, Taman bungasampai taman kanak-kanak. Kebun tematik adalah salah satu kekuatan dari kebun raya ini.

Selain itu, kawasan pesisir berupa hutan bakau masih dipertahankan sebagai daerah berhutan. Hutan mangrove dapat diakses dengan menggunakan jembatan atau trek kayu.

Forum Pendidikan dan Penelitian

Kontur lanskap perbukitan Kebun Raya Kepulauan Riau Garden Batam - Adi KurniawanIkuti jalan yang membelah lanskap taman berbukit – Foto: GoogleMaps/Adi Kurniawan

Selain sebagai tujuan wisata, pengembangan kebun raya bertujuan untuk menjadi ruang konservasi tumbuhan dan pendidikan botani. Kebun Raya Batam juga berfungsi sebagai tempat penelitian. Keberadaannya sebagai upaya perlindungan keanekaragaman hayati, khususnya berbagai jenis tumbuhan di pulau-pulau kecil Indonesia.

Lebih dari 2.500 koleksi tanaman dan tumbuh dalam jumlah dan variasi di taman ini. Tumbuhan dan pohon tersebut terdiri dari 28 famili, 149 marga, 193 spesies, dan 824 spesies. Lebih dari 10.000 tanaman ditanam di kebun yang dibangun LIPI bekerja sama dengan Kementerian PUPR ini.

Lokasi Kebun Raya Batam

Taman hiburan ini berjarak sekitar 20 km dari pusat kota Batam. Untuk menuju tempat wisata tersebut dapat ditempuh dalam waktu 35 menit melalui jalur darat. Tepatnya di Jl. Hang Lekiu, Sambau, Kecamatan Nongsa, Kota Batam, Kepulauan Riau 29465.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button