Apakah Anda ingin belajar di Prancis? Informasi ini penting bagi Anda - WisataHits
Yogyakarta

Apakah Anda ingin belajar di Prancis? Informasi ini penting bagi Anda

Memuat…

Informasi penting bagi yang ingin melanjutkan studi di Prancis. Foto/usnews.com.

JAKARTA – Berbicara tentang studi pascasarjana, Perancis merupakan salah satu negara yang sering dijadikan sebagai negara rujukan bagi mahasiswa internasional. Selain basis pendidikan dan penelitian yang berkualitas, Prancis dikenal dengan lingkungan yang aman dan menyenangkan.

Setelah negara-negara seperti Amerika, Inggris dan Australia, mahasiswa internasional seringkali memilih Prancis sebagai negara studi pilihan mereka. Tentu saja ada dasar untuk ini. Manajer Campus France Yogyakarta Andraine Arkenzi Febreinza mengungkapkan alasan banyaknya mahasiswa internasional yang belajar di Prancis.

Baca Juga: Mahasiswa FTUI Raih Penghargaan Frederick W. Mowrer Global Scholar Award

“Setelah negara-negara anglophone seperti Amerika, Inggris dan Australia, Prancis adalah negara terpenting bagi mahasiswa internasional. Mengapa demikian? Karena Perancis memiliki banyak peneliti yang mendapat penghargaan internasional. Ini bukti Prancis tidak meragukan pendidikan,” ujarnya, dikutip laman UNS, Sabtu (10/8/2022).

Dalam kegiatan yang dilakukan di Aula Werkudara, Gedung Ki Padmasusastra, Perpustakaan UNS itu, Andraine juga memaparkan alasan lain untuk kuliah di Prancis. Selain pendidikan dan penelitian yang berkualitas, lingkungan Prancis juga kondusif bagi inovasi bagi wirausahawan muda. Lingkungan di Prancis juga digambarkan nyaman dan menyenangkan.

Alasan lain untuk belajar di Prancis adalah banyak destinasi menarik bagi mahasiswa internasional. Menarik juga untuk mengikuti gaya hidup Prancis. Selain itu, Prancis memiliki banyak industri yang berkembang dengan perusahaan-perusahaan terkemuka.

“Beberapa jurusan di Prancis juga tidak ada, atau di Indonesia. Nah, itulah salah satu keunikan belajar di Prancis,” tambah Andreine.

Pemerintah Prancis sangat terbuka untuk mahasiswa internasional. Sistem pendidikan dalam hal lama studi hampir sama di Indonesia. Jenjang sarjana (lisensi) berlangsung tiga tahun, jenjang magister (S-2) dua tahun dan jenjang doktor tiga tahun.

Baca Juga: Universitas Esa Unggul Wisuda 1.548 Mahasiswa Tatap Muka, Ini Pesan Rektor

Untuk biaya studi, pemerintah Prancis mensubsidi 2/3 biaya studi di universitas negeri per tahun untuk mahasiswa asing. Biaya kuliah untuk tingkat master adalah 3.770 euro per tahun, sedangkan doktor di universitas negeri hanya dikenakan biaya 380 euro per tahun.

Jika Anda mengalami masalah dengan biaya kuliah, jangan khawatir karena ada sejumlah beasiswa yang tersedia bagi siswa untuk belajar di Prancis. Beasiswa tersebut antara lain Beasiswa Magister Unggul Institute France Indonesia (IFI), Beasiswa Eiffel, Beasiswa Erasmus+, Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Beasiswa Unggul Dosen Indonesia (BUDI) dan Beasiswa Kemenag dari Kementerian Agama Republik Indonesia. Setiap beasiswa memiliki syarat dan spesifikasi yang berbeda, sehingga perlu mempelajari setiap program beasiswa sebelum mendaftar.

Meski ada berbagai kemudahan untuk kuliah di Prancis, ada satu hal yang menjadi syarat utama sebelum kuliah di sana. Persyaratan ini adalah persyaratan bahasa. Siswa yang belajar di Prancis harus mahir berbahasa Prancis. Ini karena orang Prancis sangat bangga menggunakan bahasa mereka, sehingga sebagian besar komunikasi dilakukan dalam bahasa Prancis.

Beberapa universitas di Prancis menawarkan kursus internasional yang diajarkan dalam bahasa Inggris. Namun, sebagian besar komunikasi di luar kelas berlangsung dalam bahasa Prancis, sehingga siswa harus menguasai bahasa yang dikenal di bagian ini sebelum berangkat ke Prancis. Untuk mendaftar ke universitas di Prancis, calon mahasiswa harus melampirkan sertifikat bahasa Prancis, yaitu Diplome d’Etude en Langue Francaise (DELF) atau Test de Connainssance du Francais pour la Demande d’Admission Prealable (TCF DAP) level minimum B2 .

“Salah satu manfaat memiliki teman yang bisa berbahasa Prancis adalah penghematan di masa depan. Mengapa? Karena bahasa Prancis kini menjadi bahasa resmi di berbagai organisasi internasional. Selain itu, bahasa Prancis juga digunakan sebagai bahasa resmi di negara-negara francophone,” tambah Andriane.

Jika Anda tertarik untuk melanjutkan studi di Prancis, pemerintah Prancis menyediakan fasilitas yang membantu calon mahasiswa, yaitu Campus France. Nasihat dan bimbingan Campus France gratis. Saat ini, Campus France tersebar di lima kota, yaitu Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Medan. Jika Anda ingin tahu lebih banyak, silakan kunjungi www.indonesia.campusfrance.org.

(nz)

Source: edukasi.sindonews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button