Tips hemat liburan ke Ponorogo - WisataHits
Jawa Tengah

Tips hemat liburan ke Ponorogo

Tips hemat liburan ke Ponorogo

Kabupaten Ponorogo yang berada di ketinggian 92 hingga 2563 meter di atas permukaan laut menjadikannya sebagai tujuan wisata. Tidak hanya perbukitan dan dataran tinggi, terdapat pula 14 sungai sebagai sumber irigasi pertanian yang menambah keindahan kota Ponorogo.

Hal lain yang membuat Ponorogo menjadi tempat yang populer untuk dikunjungi adalah biaya hidup yang relatif murah di sana. Sangat cocok untuk yang mencari paket liburan murah. Nah, buat kamu yang ingin mencoba liburan hemat di Ponorogo, coba ikuti tips berikut ini. Liburan Anda dijamin seru dan menyenangkan.

1. Mengunjungi wisata murah, dari air terjun hingga hutan pinus, semuanya sudah termasuk

6 tips liburan murah ke PonorogoTelaga Ngebel Ponorogo (Instagram/infongebel)

Jangan datang ke Ponorogo tanpa mengetahui wisata apa yang harus dikunjungi di Kota Reog. Jadi cobalah untuk membuat gambaran tempat wisata Ponorogo melalui Google Maps. Soal biaya masuk tempat wisata alam di Ponorogo tidak perlu khawatir, umumnya mereka hanya meminta biaya kurang dari Rp 10.000 lho!

Wisata terkenal di Ponorogo antara lain Telaga Ngebel, Gunung Beruk, Hutan Pinus Nongko Ijo, Air Terjun Suntung, Gunung Bedes, Mloko Sewu, Air Terjun Widodaren, Kedung Kenthus, Taman Wisata Ngembag, Tumpak Pare, Kintamani Water Park, Museum dan Sumber Air Panas Tumenggung Jayengrono, Teletubbies Bukit dan banyak lainnya.

Baca Juga: 6 Tips Liburan Budget di Tulungagung, Banyak Wisata Gratis!

2. Tidak ada kereta api yang melewati Ponorogo, menggunakan kendaraan pribadi atau bus

6 tips liburan murah ke PonorogoTerminal Bus Ponorogo (Instagram/iloveponorogo)

Ponorogo merupakan daerah yang tidak lagi dilalui jalur kereta api. Sebenarnya ada stasiun kereta api di Kota Reog yang kini telah dialihfungsikan menjadi destinasi wisata kuliner. Jadi, untuk menuju Ponorogo, Anda hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi atau bus saja.

Anda dapat bepergian ke Ponorogo jika Anda datang dengan rombongan, atau naik bus dari terminal Trenggalek, Madiun, Pacitan atau Solo (Jawa Tengah) jika Anda bepergian hanya dengan beberapa orang. Sesampainya di Ponorogo Anda bisa menyewa sepeda motor atau mobil untuk menjelajahi bumi Reog.

Jasa sewa kendaraan di Ponorogo yang bisa anda gunakan antara lain CV Ilham Motor, Jawa Transport, Mitra Bersama Motorbike Rentals, Aikha Rental Cars, Twins Rent Car & Tour, Darno Trans, Squad Trans Wisata, Al-Marwah Car Rentals, Fiqris dan lain sebagainya.

3. Pilih akomodasi yang terjangkau, banyak pilihan akomodasi di bawah Rp 200.000 per malam

6 tips liburan murah ke PonorogoSalah satu kamar di Dirgahayu Hotel (Instagram/hoteldirgahayupo)

Bicara soal akomodasi murah di Ponorogo, tak perlu khawatir karena rata-rata hotel di Ponorogo bisa Anda dapatkan dengan harga kurang dari Rp200.000. Sehingga Anda bisa beristirahat dengan nyaman dan tenang tanpa takut budget membengkak.

Hotel dengan harga di bawah Rp 200.000 di Ponorogo antara lain Hotel Dirgahayu, Hotel Aman, Hotel Galaxy, Aura Homestay, Hotel Syariah Hotel, Reddoorz Near Ponorogo Square, Reddoorz Syariah Raya Ponorogo dan lain sebagainya.

4. Kunjungi wisata gratis

6 tips liburan murah ke PonorogoMalioboro Ponorogo (Instagram/jatim.in)

Untuk menunjukkan bahwa Anda sedang berlibur di banyak tempat wisata di Ponorogo, jangan lupa untuk mengunjungi meeting point atau wisata gratis. Sehingga Anda bisa mengunjungi banyak tempat tanpa harus mengeluarkan biaya ekstra untuk tiket wisata.

Tempat wisata gratis di Ponorogo yang bisa anda kunjungi secara gratis adalah Alun-Alun Ponorogo, Malioboro Ponorogo, Masjid Jami’ Tegalsari, Taman Kelinci Ponorogo, Taman Wengker, Bukit Cumbri, Puncak Pringgitan dan masih banyak lagi lainnya.

5. Kuliner makanan khas Ponorogo dengan harga terjangkau

6 tips liburan murah ke PonorogoSoto Ayam Segar (Wisata Kuliner Instagram/ponorogo)

Apa yang Anda sebut liburan hemat pasti tidak akan jauh dari murah! Agar pengeluaran tidak meroket, Anda bisa menelusuri sajian kuliner makanan di restoran dekat kampus, dekat pesantren, atau di warung makan tradisional.

Nasi Pecel Mbok Rah, Warung Sego Gegok Mbah Tumirah, Warung Tahu Lontong Mbah Gareng, Gethok Golan, Warung Dawet Jabung Bu Sumini, Soto Borang Ponorogo, Soto Ayam Seger, Rujak Petis Bu Tiek, Serabi Notosuman dan lain sebagainya.

6. Berbelanja di pasar tradisional dan pusat oleh-oleh

6 tips liburan murah ke PonorogoPasar Legi Ponorogo (Instagram/wisata kuliner ponorogo)

Sebelum pulang, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Meski budget terbatas, Anda bisa mencoba mencari oleh-oleh berupa oleh-oleh atau jajanan khas Ponorogo seperti Mirah Jenang, madu Mongso, Thoring, bumbu Rujak Welirang dan lain sebagainya.

Pusat perbelanjaan tradisional untuk dikunjungi di Ponorogo antara lain Pasar Rakyat Tonatan, Pasar Pon Ponorogo, Pasar Wage Jetis Ponorogo dan Pasar Legi Ponorogo. Dan beberapa sentra oleh-oleh di Ponorogo yaitu Aneka Jenang Dodol Teguh Raharjo, Jenang Mirah Desa Josari, Toko Oleh-Oleh Murni.

Jika kamu liburan di Ponorogo pada hari-hari tertentu seperti akhir tahun, Grebeg Suro serta hari jadi pemerintahan Ponorogo dan hari-hari tertentu lainnya, kamu bisa melihat Festival Reog Ponorogo lho! Jadi jangan lupa tentukan tanggal yang tepat sebelum berangkat ke Ponorogo ya!

Baca juga: 6 Tips Liburan Murah di Blitar, Jelajahi Keindahan Kota Proklamator

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button