Kegembiraan Lansia Naik Odong-odong di Bandung - WisataHits
Jawa Barat

Kegembiraan Lansia Naik Odong-odong di Bandung

bandung

Dua mobil Odong Odong merah dan biru tiba-tiba dikendarai oleh polisi. Kereta wisata itu digunakan untuk mengundang warga Griya Senioren, Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat.

Kedatangan mobil Odong-Odong disambut antusias oleh para lansia. Wanita yang lebih tua naik odong-odong merah sementara pria yang lebih tua naik odong-odong merah.

Mereka terlihat bahagia. Hal ini terlihat pada ketidaksabaran para lansia yang ingin segera bangun agar odong-odong yang ditunggangi dapat bergerak dengan cepat. Ketika kereta wisata berjalan, mereka sering bernyanyi dan bertepuk tangan.

“Senang bisa jalan-jalan. Menginap di wisma setiap hari,” kata salah satu warga Griya Lansia Cecep Hidayat, 72 tahun detikJabarKamis (20/10/2022).

Orang tua mengendarai Odong-Odong.Orang tua mengendarai Odong-Odong. Foto: Wisma Putra/detikJabar

Cecep mengatakan dalam kesehariannya ia hanya melakukan kegiatan di Griya Sesepuh dengan kegiatan yang telah ditetapkan oleh pengelola. “Kerja, kumpul-kumpul, di taman, istirahat (kegiatan sehari-hari). Suka jalan-jalan, ini sudah kedua kalinya,” kata Cecep.

Cecep mengaku sudah tinggal di Griya Lansia Ciparay sejak 2014. Meski masih memiliki keluarga, Cecep mengaku senang tinggal di Griya Lansia karena bisa memiliki banyak teman.

Kapolsek Ciparay AKP Asep Dedi mengatakan kegiatan pendakian mengajak para lansia untuk rutin naik Odong-Odong sebulan sekali setiap hari Kamis.

“Kegiatan polisi dilakukan seolah-olah kita membuat orang tua naik Odong-Odong di Kecamatan Ciparay sebulan sekali pada ‘Kamis Selamat.’ Kita bawa dua Odong-Odong, bergantian menyetir,” kata Asep.

“Alhamdulillah mereka sangat hormat, senang karena sudah terbiasa sebulan sekali,” tambah Asep.

Orang tua mengendarai Odong-Odong.Orang tua mengendarai Odong-Odong. Foto: Wisma Putra/detikJabar

Ade Irawan, Kepala Pusat Pelayanan Sosial Lansia Hriya, Dinas Sosial Pemprov Jabar, menilai mengajak lansia naik Odong Odong sangat positif, mereka sangat senang bermain.

“Kami atas nama Dinas Sosial Jabar mengucapkan terima kasih atas kegiatan positif dan kerjasama yang telah dilakukan sejak lama untuk memberikan keceriaan bagi para lansia, terutama dengan adanya program rekreasi Odong Odong reguler,” ujarnya.

Sekitar 150 lansia tinggal di Griya Lansia Ciparay ini, yang masih bisa berjalan dan duduk dengan baik menaiki wahana Odong-Odong.

“Dinas urus 300 orang, tapi di Ciparay ada 150 lansia, mereka sangat senang, kegiatan ini sangat positif dan luar biasa, selama dua tahun kegiatan mereka terhambat oleh COVID-19, kegiatan luar biasa jarang terjadi” katanya menyimpulkan.

(gesek/bola)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button