Babak baru, ITN Malang dan Pemkab Trenggalek siapkan kerja sama Kedaireka - WisataHits
Jawa Timur

Babak baru, ITN Malang dan Pemkab Trenggalek siapkan kerja sama Kedaireka

Babak baru, ITN Malang dan Pemkab Trenggalek siapkan kerja sama Kedaireka

POS-KUPANG.COM, MALANG – Kerjasama antara Institut Teknologi Nasional Malang (ITN Malang) dengan Pemerintah Kabupaten Trenggalek memasuki babak baru.

Kedua pihak berencana bekerja sama dalam program Kedaireka (kedaulatan Indonesia dalam Reka Cipta) pada tahun 2023. Persiapan kerjasama dimulai pada Jumat (13/01/2023) dengan kunjungan dan kontak tim ITN Malang ke Pemkab Trenggalek).

Dekan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) ITN Malang, Dr. Ir Hery Setyobudiarso M.Sc, menjelaskan kerjasama antara ITN Malang dan Pemkab Trenggalek didasarkan pada Nota Kesepahaman yang disusun sebelum tahun 2019. Maka, Jumat lalu, tim ITN Malang melakukan persiapan kerjasama dengan sosialisasi di Aula Sekretariat Daerah Pemkab Trenggalek.

“Jumat lalu kami memulai persiapan kerjasama Kedaireka dengan sosialisasi dan koordinasi. Pertemuan tersebut dimaksudkan untuk menginventarisir permasalahan yang ada di Kabupaten Trenggalek. Kami telah membahas berbagai bidang yang akan dijadikan bahan dalam penyusunan proposal Kedaireka. Seperti ekonomi biru, ekonomi hijau, kemandirian kesehatan, ekonomi digital dan pengembangan pariwisata,” kata Hery saat dihubungi melalui WhatsApp, Minggu (15/1/2022).

Acara ini juga dihadiri oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan serta beberapa ketua OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Trenggalek. Hadir pula perwakilan dari PT Jwalita Energi Trenggalek (PT JET).

Baca Juga: Mahasiswa Arsitektur ITN Malang pada Grand Final Kategori Arsitektur, Asia Young Design Award 2022

Sementara Dekan FTSP ITN Malang hadir dari ITN Malang; Kepala Pusat Riset dan Inovasi LPPM ITN Malang Dr. Eko Yohanes S, ST MT; Kepala Bagian Kekayaan Intelektual LPPM ITN Malang Djoko Hari Praswanto, ST MT; Dosen Teknik Sipil S-1 Vega Aditama, ST MT, dan Sekretaris LP2K Annur Ma’ruf, ST MT.

Menurut Kepala Pusat Riset dan Inovasi LPPM ITN Malang, Dr. Eko Yohanes S, ST MT, dari banyaknya petugas yang hadir, mereka sangat antusias dan siap menjadi mitra.

Seperti dinas pariwisata yang ingin mengembangkan kawasan wisata pesisir dengan keindahan alam dan pantainya dengan tetap memperhatikan keselamatan pengunjung.

Dinas Perikanan ingin menyelesaikan masalah limbah tambang. Dinas kesehatan ingin mengatasi masalah limbah botol infus dan memeriksa tempat tidur pasien untuk penggunaan yang aman. Sedangkan dinas pertanian menginginkan sentuhan teknologi dalam bercocok tanam.

“Dari temuan kemarin, kami akan mengonsep masukan dari beberapa pejabat dan menjadi bahan usulan Kedaireka. Nantinya, tenaga ahli ITN Malang akan mengurusnya secara langsung. Kami (ITN Malang) memiliki dosen yang memiliki keahlian dalam memecahkan masalah yang dihadapi Pemkab Trenggalek,” ujar Eko.

Selain para kepala dinas, juga hadir perwakilan dari PT Jwalita Energi Trenggalek/JET (Perseroda). PT JET merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang juga sedang berupaya menyelesaikan program solar cell dan bioenergi, serta transisi dari kendaraan listrik dan biomassa. Saat ini PT JET mengelola SPBU milik Pemkab Trenggalek.

Baca Juga: Rider ITN Malang Raih 3 Nominasi Grasstrack Kejurprov Provinsi dan Regent Cup Motocross Lombok Tengah

“Semoga kedepannya program ini dapat dilaksanakan dan dilaksanakan dengan baik, yang bermanfaat bagi masyarakat di Kabupaten Trenggalek,” harap Dosen S1 Teknik Mesin ITN Malang tersebut. (*/Uang tunai)

Baca berita lainnya dari ITN Malang

Ikuti berita POS-KUPANG.com di GOOGLE NEWS

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button