29 Tempat Wisata di Kulon Progo 2022, Harta Karun Tersembunyi di Jogja - WisataHits
Yogyakarta

29 Tempat Wisata di Kulon Progo 2022, Harta Karun Tersembunyi di Jogja

22. Gua Kiskendo

Keunikan Gua Kiskendo adalah ruang makan yang dihiasi pahatan cerita Ramayana di relief pintu masuk gua, stalagmit dan stalaktit yang masih terjaga. Terletak di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, tepat di Pegunungan Menoreh.

23. Gua Kidang Kencono

Gua Kidang Kencono memiliki panjang terowongan 350 meter. Gua ini memiliki stalagmit dan stalaktit yang masih alami. Gua Kidang Kencono terletak di Desa Purwosari, Girimulyo, Kulon Progo atau bersebelahan dengan Gua Kiskendo.

24. Puncak Proman

Puncak Proman adalah tempat wisata di Bukit Proman, Dusun Tritis, Ngargosari, Samigaluh. Pengunjung harus menaiki tangga 100 meter dari tempat parkir untuk sampai ke puncak.

25. Gunung Jaran

Bertengger di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut, puncak Gunung Jaran menawarkan pemandangan kebun teh Nglinggo, hutan pinus, dan puncak Gunung Kukusan yang tiada duanya.

26. Hutan mangrove

Tidak hanya sekedar suaka mangrove, kawasan hutan mangrove telah berkembang menjadi tempat wisata yang sangat digemari wisatawan. Hutan mangrove ini terletak di Desa Jangkaran, Temon Kulon, Kulon Progo. Wisatawan juga dapat mengunjungi dua kawasan wisata mangrove lainnya yaitu Mangrove Pasir Mendit dan Mangrove Pantai Kadilangu.

27. Hutan Pinus Girimulyo

Hutan pinus memiliki pesona tersendiri. Selain hutan pinus Mangunan di Bantul, di Kulon Progo juga ada hutan pinus yang tak kalah indahnya, yaitu hutan pinus Girimulyo. Sebagai perbandingan, hutan pinus Girimulyo relatif sepi karena tidak banyak wisatawan yang mengetahuinya. Oleh karena itu, wisatawan dapat menikmati indahnya dan khasnya suasana hutan pinus dan berfoto tanpa khawatir akan bom foto.

28. Dawet Sambel Mbak Sirep Nanggulan

Istilah dawet sambel mungkin terdengar asing dan membuat heran. Karena biasanya dawet diolah menjadi minuman manis yang segar. Kata sambal setelah kata dawet membuat masakan yang satu ini terdengar cukup unik dan asing.

Dawet sambel memang sajian yang mengenyangkan yang disajikan dengan taburan sambal. Semangkuk dawet sambel ditambah bawang goreng dan taoge membuat cita rasanya benar-benar unik.

Warung Dawet Sambel Mbak Siper terletak di kawasan objek wisata Taman Sungai Mudal. Satu porsi harganya relatif murah, yakni hanya 3.000 rupiah.

29. Kopi Menoreh Pak Rohmat

Kulon Progo tidak hanya dikenal sebagai penghasil teh, tetapi juga sebagai penghasil kopi. Penggemar kopi tak ada salahnya untuk mampir ke Kopi Menoreh Pak Rohmat. Hadir dalam dua rasa, yaitu kopi Arabica dan Robusta, siap menemani Anda sepanjang sore. Uniknya, kafe ini buka 24/7.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button