10 Daftar Tempat Wisata di Semarang Paling Hits dan Bersejarah - WisataHits
Jawa Tengah

10 Daftar Tempat Wisata di Semarang Paling Hits dan Bersejarah

TEMPO.CO, jakarta – Semarang merupakan ibu kota provinsi Jawa Tengah. Kota ini tak hanya terkenal dengan ragam kulinernya saja, tetapi juga memiliki tempat wisata menarik dan bersejarah. Jika Anda memiliki rencana untuk liburan ke sana, ketahui dulu apa saja tempat wisata di Semarang.

Tempat Wisata di Semarang

Tahukah Anda bahwa Belanda memberikan julukan kepada Semarang sebagai “Venetie van Java”, yang berarti Venesia-nya Jawa. Dijuluki demikian karena Semarang memiliki banyak sungai di tengah kota, memisahkan Kota Venesia di Italia. Hal menarik lainnya adalah Semarang terbagi menjadi dua apabila dilihat dari perbedaan ketinggian daratannya, yaitu Semarang Atas dan Semarang Bawah.

Nah, buat yang sedang mencari rekomendasi tempat wisata di Semarang? Simak beberapa tempat wisata unggulan di Semarang yang bisa dikunjungi.

1. Lawang Sewu

Lawang Sewu adalah daya tarik utama Kota Semarang. Lawang Sewu merupakan salah satu peninggalan Belanda yang berbentuk bangunan tua. Dulunya, bangunan ini digunakan sebagai kantor pusat Perusahaan Kereta Hindia Belanda. Dijuluki Lawang Sewu karena berasal dari bahasa Jawa “lawang” yang artinya pintu, dan “sewu” yang artinya seribu. Benarkah Lawang Sewu memiliki seribu pintu? Coba hitung sendiri saat berkunjung ya.

Lokasi: Jl. Pemuda, Sekayu, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50132

Jam buka: Setiap hari pukul 08.00 – 17.00

Tiket masuk: Rp 10.000 – Rp 30.000

2. Wisata Sam Poo Kong

Sam Poo Kong merupakan salah satu tempat ibadah, yaitu klenteng. Namun karena daya tarik dan nahdahannya, klenteng ini dijadikan sebagai tempat wisata. Selain menikmati Keindahan, para pengunjung juga dapat menyewa pakaian ala-ala Cina. Jika beruntung, Anda juga akan menikmati pertunjukan Reog Sam Poo Kong.

Lokasi: Jl. Simongan No.129, Bongsari, Kec. Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah 50148

Jam buka: Setiap hari pukul 08.00 – 20.00

Tiket masuk: Rp 5.000 – Rp 65.000

3.Kota Lama Semarang

Kota Lama Semarang hampir sama dengan kota tua pada umumnya di Indonesia. Namun, terdapat keunikan yang membedakan Kota Lama Semarang, diantaranya terdapat bangunan Iconic seperti gereja blenduk dan gedung marabunta. Di Kota Lama ini juga diadakan Car Free Day setiap akhir pekan atau akhir pekan.

Lokasi: Jl. Letjen Suprapto No.31, Tj. Mas, Kek. Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah 50137

Jam buka: Buka setiap hari selama 24 jam

Tiket masuk: Gratis

4. Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT)

Sama seperti klenteng Sam Poo Kong, Masjid Agung merupakan salah satu tempat wisata religi di Semarang. Masjid ini memiliki bangunan dengan arsitektur perpaduan antara gaya Jawa, Arab, dan Italia. Selain Keindahan masjid, di dalam masjid terdapat objek lainnya yaitu menara Asmaul Husna. Di dalam menara, terdapat ruang pameran perjalanan Agama Islam dan ruang serbaguna seperti hall dan penginapan.

Lokasi: Jl. Gajah Raya, Sambirejo, Kec. Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah 50166

Jam buka: Buka setiap hari selama 24 jam

Tiket masuk: Gratis

5. Simpang 5 Semarang

Simpang 5 merupakan pusat Kota Semarang. Jika Anda ingin menikmati malam minggu dengan santai, Anda bisa duduk-duduk sambil menikmati keindahan kota Semarang. Anda juga bisa menyeva fasilitas seperti becak dan sepeda.

Lokasi: Jl. Seroja Dalam III No.10, Karang Kidul, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50136

Jam buka: Buka setiap hari selama 24 jam

Tiket masuk: Gratis

6. Brown Canyon Semarang

Brown Canyon merupakan tempat wisata yang berupa daerah perbukitan. Area ini merupakan bekas galian batuan cadas. Tempat ini menawarkan pemandangan yang sangat mempesona. Namun, jika Anda datang kesini, Anda perlu berhati-hati karena masih ada beberapa bekas galian.

Lokasi: Rowosari, Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah

Jam buka: Buka setiap hari selama 24 jam

Tiket masuk: Rp 2.000

7. Kampung Pelangi

Kampung Pelangi merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Semarang. Tempat ini dulunya merupakan perkampungan menjadi yang kemudian disulap menjadi tempat wisata dengan objek warna-warning. Di Kampung Pelangi, Anda dapat menikmati keindahan sekitar. Tempat ini juga sangat instagramable, sehingga cocok untuk berfoto-foto sepuasnya.

Lokasi: Jl. DR.Sutomo No.89, Randusari, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah 50244

Jam buka: Buka setiap hari selama 24 jam

Tiket masuk: Gratis

8. Candi Gedong Songo

Salah satu wisata alam paling populer di Semarang adalah Candi Gedong Songo. Diambil dari namanya yaitu “Songo”, dalam bahasa Indonesia berarti sembilan, tempat ini memiliki 9 candi. Untuk mencapai 9 candi, Anda harus jalan kaki menaiki bukit demi bukit. Jika tidak ingin lelah, Anda bisa menyewa kuda untuk membantu Anda menaiki bukit. Tempat wisata ini memungkinkan wisatawan untuk menikmati pemandangan alam dan menikmati makanan yang dijual di berbagai tempat wisata seperti mie rebus dan nasi goreng.

Lokasi: Jl. Candi Gedong Songo, Krajan, Banyu Kuning, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50614

Jam buka: Setiap hari

Tiket masuk: Rp 15.000 – Rp 75.000

9. Pantai Marina Semarang

Jika Anda menemukan rekomendasi pantai di Semarang, Anda bisa mengunjungi Pantai Marina. Pantai ini menawarkan keindahan alam, khususnya pemandangan matahari terbit dan terbenam yang ikonik. Tempat ini sangat cocok untuk liburan atau sekedar melepas penat sehari hari. Di pantai ini, Anda juga bisa bersepeda dan melakukan aktivitas memancing.

Lokasi: Jl. Tawangsari, Kota Semarang, Jawa Tengah 50144

Jam buka: Setiap hari

Tiket masuk: Rp 10.000

10. Monumen Palagan Ambarawa

Monumen Palagan Ambarawa adalah tempat wisata sejarah di Semarang. Monumen ini dibangun dengan tujuan untuk melakukan pertempuran antara para pahlawan dengan para prajurit, yaitu pertempuran Ambarawa. Di dalam monumen terdapat peninggalan sejarah seperti foto, senjata, pakaian, dan kendaraan yang digunakan oleh para pahlawan. Anda juga dapat bebas berfoto di monumen ini.

Lokasi: Jl. Mgr.Sugiyopranoto, Panjang Lor, Panjang, Kec. Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50614

Jam buka: Setiap hari dari pukul 08.00 – 18.00

Tiket masuk: Rp 10.000

Demikian daftar tempat wisata di Semarang yang wajib Anda kunjungi. Tertarik mengunjunginya? liburan yang menyenangkan

LALA DITA PANGESU

Baca juga: Mengel Tiga Objek Wisata Horor di Semarang

Source: travel.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button