Katedral St Giles, tempat peristirahatan terakhir Ratu Elizabeth, bukan gereja biasa Anda - WisataHits
Jawa Tengah

Katedral St Giles, tempat peristirahatan terakhir Ratu Elizabeth, bukan gereja biasa Anda

Edinburgh

Peti mati Ratu Elizabeth II diistirahatkan di Katedral St Giles di Edinburgh sebelum kembali ke London. Gereja ini sangat istimewa sebagai gereja paling bersejarah di Skotlandia.

Katedral St. Giles terletak di pusat Kota Tua Edinburgh. Lebih tepatnya di kawasan High Street Royal Mile. Gereja ini hanya berjarak sekitar sepuluh menit berjalan kaki dari Kastil Edinburgh.

Gereja ini disebut-sebut sebagai salah satu yang berperan penting dalam sejarah keagamaan Skotlandia. Berdasarkan data yang dihimpun dari berbagai sumber, Katedral St Giles didirikan oleh Raja David I pada tahun 1124.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Dalam perjalanannya, gereja ini telah mengalami banyak perubahan. Baik dari segi agama, kepemimpinan maupun dari segi bangunan.

Meskipun Katedral St Giles disebut sebagai Katedral St Giles, St Giles bukanlah sebuah gereja katedral. Karena kebaktian di St. Giles tidak dipimpin oleh seorang uskup. St Giles berfungsi sebagai katedral sejati hanya untuk dua periode singkat di abad ke-17.

Selain sebagai tempat ibadah, St Giles kini menjadi salah satu destinasi wisata yang sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke Skotlandia. Gereja ini memiliki arsitektur yang unik dan indah.

Tidak seperti gereja lain di Edinburgh, St Giles lebih ‘dipoles’ dengan banyak ornamen. Ada empat pilar utama dalam gereja. Keempat pilar ini adalah satu-satunya bangunan asli yang dibangun pada awal abad ke-12.

Inggris Raya, Skotlandia, Edinburgh, bidikan interior High Kirk of Edinburgh, bekas Katedral St Giles, juga dikenal sebagai High Kirk of Edinburgh, adalah gereja utama Gereja Skotlandia dan salah satu pemandangan terpenting Edinburgh di Skotlandia.  (Foto oleh: Robert Plattner/Oneworld Picture/Universal Images Group via Getty Images)Interior High Kirk of Edinburgh, Katedral St Giles. Foto: Grup Gambar Universal melalui Getty/gambar oneworld

Selain keempat pilar tersebut, interior dan eksterior St Giles sebagian besar merupakan hasil renovasi tahun 1833 dan restorasi tahun 1883.

Tidak hanya interiornya yang berbeda, ada juga patung John Knox di Chapel of St Giles. Dia adalah salah satu menteri yang melayani di St Giles selama bertahun-tahun. Selain itu, Knox juga berperan dalam menyebarkan ajaran Presbiterianisme kepada masyarakat Skotlandia.

Tak hanya sampai di situ, St Giles juga memiliki Thistle Chapel yang istimewa. Kapel ini terletak di bagian tenggara gereja yang dibangun pada tahun 1911. Kapel ini adalah kapel resmi Knights of the Order of the Thistle, atau ordo ksatria tertinggi di Skotlandia.

Ada tujuh belas kursi Gotik buatan tangan di kapel. Dilengkapi dengan helm dan perisai yang berisi emblem terukir dari enam belas ksatria.

Katedral St Giles gratis untuk dikunjungi wisatawan. Namun, jika Anda ingin mengambil foto di dalam katedral, pengunjung harus membayar biaya £2.

Gereja ini masih digunakan warga untuk ibadah. Ibadah dilaksanakan setiap Minggu pagi. Kemudian di hari Minggu sore biasanya banyak konser musik gratis mulai dari pertunjukan solo hingga paduan suara dan orkestra.

Untuk sekarang, Katedral St. Giles Ini akan menjadi tempat peristirahatan terakhir peti mati Ratu Elizabeth II sebelum diterbangkan ke London pada Selasa (13/9). Masyarakat bisa melihat konvoi dan peti mati Ratu mulai sekitar pukul 17.00 waktu setempat sore ini.

Tonton video ‘Saat Senator Australia menyebut Ratu Elizabeth II sebagai penyusup selama sumpah jabatan’
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/perempuan)

Source: travel.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button