Pabrik minyak kelapa terbesar di Jawa Barat pernah didirikan di Ciamis - WisataHits
Jawa Barat

Pabrik minyak kelapa terbesar di Jawa Barat pernah didirikan di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kabupaten Ciamis dahulu Galuh pernah menjadi sentra kelapa pada masa pemerintahan RAA Kusumadinrat. Bahkan pabrik minyak kelapa terbesar yang pernah berdiri bernama Pabrik Minyak Gwan Hien. Lokasinya di Jalan Ahmad Yani (jalan menuju perempatan tiga Kodim Ciamis).

Pabrik Minyak Gwan Hien didirikan sekitar tahun 1925. Menurut keterangannya sendiri, pabrik ini bisa memproduksi hingga 100 ton minyak per hari. Namun kini pabrik tersebut sudah tidak beroperasi lagi, hanya berupa bangunan kosong. Tapi kantornya masih terawat dengan baik.

Kepala Dinas Pariwisata Ciamis Budi Kurnia mengatakan, cikal bakal pembangunan pabrik minyak itu tak lepas dari program Kanjeng Prebu yang monumental. Dulu, pada masa pemerintahannya, ia mewajibkan setiap pasangan pengantin baru untuk membawa dan menanam pohon kelapa.

“Setiap laki-laki yang ingin menikah pada saat kurban harus membawa dan menanam kecambah kelapa. Kebijakan ini dilakukan secara masif untuk menjadikan Galuh atau Ciamis sebagai sentra kelapa,” kata Budi Kurnia, Kamis (12/1/2022).

Kemudian di bawah kepemimpinan Bupati Galuh RAA Kusumasubrata, didirikan pabrik minyak kelapa terbesar dengan nama Gwan Hien. Dulu, orang-orang keturunan Tionghoa berinvestasi di Ciamis untuk membangun pabrik.

Pada masanya, pabrik Gwan Hien begitu terkenal hingga mampu menyuplai minyak kelapa ke berbagai provinsi.

Dengan hadirnya minyak sawit sebagai bahan baku produksi minyak goreng, pamor pabrik minyak terbesar ini pun mulai berkurang. Banyak orang lebih suka menggunakan minyak sawit untuk memasak. Dengan semakin sedikit peminat membuat pabrik terhenti.

“Dengan mekanisme pasar ini, perlahan-lahan masyarakat mulai meninggalkan minyak kelapa. Banyak yang lebih memilih minyak goreng yang terbuat dari minyak sawit,” tutupnya.

Namun dengan adanya bangunan pabrik tersebut menjadi potensi wisata. Bahkan dalam city tour, rombongannya terus berdiskusi dan menginformasikan kepada wisatawan bahwa Ciamis pernah memiliki pabrik minyak Gwan Hien terbesar pada masanya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button